Dubes RI Kawal Lari Pagi 65 Tahun RI-Jepang Bersama 84 Pelari Indonesia Peserta Tokyo Marathon 2023

MUS • Friday, 3 Mar 2023 - 13:49 WIB

Tokyo - Duta Besar Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi lari pagi bersama puluhan pelari menyambut peringatan 65 Tahun Indonesia-Jepang di Tokyo pada Jumat, 3 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, PT Amerta Indah Otsuka, dan komunitas Cerita Lari.

Kegiatan yang dilakukan bersama 84 dari 200 peserta Tokyo Marathon 2023 asal Indonesia ini diikuti juga oleh Presiden Direktur Amerta Indah Otsuka Bando Yoshihiro, Siti Atiqoh Suprianti Ganjar Pranowo serta Walikota Bogor Bima Arya. Hadir pula pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dubes Heri bersama Ibu Nuning Akhmadi mengatakan lari pagi ini digelar sebagai simbol kesiapan Indonesia dalam memperkuat hubungan kerja sama dengan Jepang di tengah peringatan 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara. 

"Lari pagi selain menyehatkan badan juga merupakan penyemangat dalam memulai hari untuk beraktifitas. Pagi ini saya dan para peserta Tokyo Marathon menggelar Lari Pagi 65 Tahun Indonesia – Jepang. Berbagai kegiatan kami  lakukan dalam memperingati 65 tahun hubungan Indonesia – Jepang. Dengan semangat “Satu Hati” atau “Kokoro-Hitotsu-Ni”, kegiatan ini sebagai simbol kesiapan Indonesia untuk lebih meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang,” tegas Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Diplomat Muda Mukti R. Setianto dan Jurman S. Nazar.

Siti Atiqoh mengapresiasi kegiatan Lari Pagi 65 Tahun Indonesia-Jepang ini sebagai persiapan Tim Indonesia di Tokyo Marathon 2023.

“Faktor suhu menjadi tantangan tersendiri ya. Saya mencoba beradaptasi ya untuk menghadapi Tokyo Marathon, di antaranya sering melakukan warming up,” ujar Siti Atiqoh.

Lari Pagi 65 Tahun  Indonesia – Jepang digelar di kawasan Hibiya, Tokyo ini mengitari Istana Kaisar Jepang. Lebih dari 200 pelari dari Indonesia akan mengikuti ajang tahunan Tokyo Marathon pada Minggu, 5 Maret 2023. Dukungan KBRI Tokyo pada perhelatan bertaraf internasional ini selain Lari Pagi 65 Tahun Indonesia - Jepang, juga penyelenggaraan Carbo Loading yang khusus diperuntukkan bagi para peserta pelari asal Indonesia.