Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya Ikuti Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

MUS • Friday, 3 Mar 2023 - 12:24 WIB

Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kanwil DKI Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya  menyelenggarakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada Bhabinkamtibmas Polda Metro Jaya. Sosialisasi dengan mengangkat tema "Bersama Membangun Desa", berlangsung di balai pertemuan Polda Metro Jaya, Kamis, (2/3/ 2023), dengan diikuti ratusan peserta.

Dirbinmas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya, dalam sambutannya mengatakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan kepada Bhabinkamtibmas dalam rangka mendukung program pemerintah yang diamanahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja Indonesia hingga ke desa atau kelurahan. 

"Masih banyak masyarakat pekerja yang belum mengetahui  program, manfaat dan pentingnya ikut serta terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itulah dilaksanakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini kepada teman-teman Bhabinkamtibmas sebagai pembekalan pengetahuan untuk dapat membantu mendukung program pemerintah memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia," ucapnya. 

Badya, berharap sosialisasi ini diikuti dengan sebaik-baiknya oleh peserta supaya bisa diimplementasikan di lapangan. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Deny Yusyulian, 
yang diwakili Asisten Deputi Direktur Bidang Wasrik dan MR BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta Chairil Arianto, menyampaikan terimakasih, karena dapat berkolaborasi dengan Direktorat Binmas Polda Metro Jaya. 

"Mudah -mudahan dapat dilaksanakan amanah yang sudah tertuang dalam perjanjian kerjasama (PKS) antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Polri tentang pencegahan dan penanganan ketidak patuhan pelaksaan program jaminan sosial ketenagakerjaan," harapnya. 

Ruang lingkup kerja sama di dalam PKS tersebut, jelas Chairil Arianto, diantaranya terkait dengan pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi untuk mengetahui apakah masyarakat pekerja di desa atau kelurahan sudah menjadi peserta kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau belum. Selain itu memberikan dukungan pencegahan ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan program jaminan sosial. 

"Karena di DKI Jakarta masih banyak pemberi kerja yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya. 

Chairil Arianto, menandaskan, sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk merealisasikan target pada bulan Maret 2023, Bhabinkamtibmas sudah bisa melakukan sosialisasi dan edukasi disetiap wilayah masing-masing kepada masyarakat pekerja. 

"Tugasnya Bhabinkamtibmas dalam kerja sama ini diantaranya menginformasikan kepada kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan kalau ada kegiatan warga di wilayahnya. Agen perisai BPJS Ketenagakerjaan akan datang kelokasi untuk menjelaskan, mendata, sekaligus memungut iuran. Tahapan ini ditargetkan akhir Maret akan selesai semua. Bulan April sampai dengan Desember 2023 aktifitas berhubungan dengan masyarakat sudah berjalan," jelasnya. 

Chairil Arianto, lebih lanjut mengungkapkan fokus kolaborasi sosialisasi dan penanganan ketidakpatuhan ini akan meningkatkan awareness mengenai perlindungan sosial ketenagakerjaan.

"Harapan kami dari BPJS Ketenagakerjaan, kerja sama ini dapat terealisasi sehingga semua pekerja formal dan informal khususnya di DKI Jakarta memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika pekerja mengalami resiko kerja akan mendapatkan manfaat santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. 

"Manfaat yang diberikan merupakan wujud nyata negara hadir dalam saat warganya mengalami resiko kerja," pungkasnya.