Surabaya Akan Miliki Rumah Sakit Pusat Ibu dan Anak Berstandar Internasional

MUS • Thursday, 2 Mar 2023 - 13:15 WIB

Surabaya - Kota Surabaya akan menambah fasilitas layanan kesehatan, yakni sebuah Rumah Sakit yang khusus menangani Ibu dan Bayi, atau Perempuan dan Anak (RSIA), yakni Waron Hospital.

Rumah Sakit ini ditargetkan pembangunannya selama 14 bulan kedepan, sejak 1 Maret 2023 - April 2024. Dengan fasilitas 99 tempat tidur, dan ketinggian gedung hingga 12 lantai.

Dirut RS Waron Hospital, dr. Amang Surya Priyanto menjelaskan, Surabaya sebagai Kota terbesar kedua, belum memiliki RSIA dengan fasilitas intensif, baik untuk perempuan, anak dan bayi.

"Kegelisahan inilah yang melatarbelakangi munculnya ide untuk mendirikan sebuah fasilitas kesehatab khusus perempuan dan anak," ujarnya, Rabu (1/3/2023).

RS ini mengusung konsep menghadirkan fasilitas kesehatan yang premium dan komprehensif. Mulai konsep bangunan, pelayanan, hingga fasilitas yang disediakan diklaim berstandar internasional.

"Bahkan terdapat helipad untuk menangani kasus kasus yang membutuhkan pelatanan yang cepat," tuturnya.

Beberapa aspek yang diunggulkan RS ini antara lain, tenaga medis yang kompetitif, peralatan medis yang mutakhir, layanan yang komprehensif. Serta layanan khusus perempuan, seperti obstetri dan ginekologi.

"Onkologi, bedah rekonstruksi dan IVF atau bayi tabung," tambahnya.

"Kedepan RS ini berupaya untuk mengakomodasi serta beradaptasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tutur dr. Amang, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal.

"Untuk itu kedepan, Waron Hospital akan dikembangkan menjadi Rumah Sakit pusat kesehatan perempuan dan anak anak, yang mengedepankan pelayanan. Sehingga masyarakat tak perlu lagi keluar negeri ketika ingin berobat," tandasnya. (Her)