“Creed 3” (2023): Kelanjutan Kisah Kelam Dua Petinju Viral

LAN • Thursday, 2 Mar 2023 - 11:52 WIB

Genre: Drama Olahraga, Action
Sutradara: Michael B Jordan
Pemeran: Jonathan Majors, Michael B Jordan, Tessa Thompson, Florian Moanteanu, Canelo Alvarez, Wood Harris, Phylicia Rashad, Tonny Bellew.
Production: Metro Goldwyn Mayer 
Durasi: 116 menit.

Melajutkan kisah dari dua film sebelumnya, Creed 3 bercerita mengenai Adonis “Donnie” Creed (Michael B. Jordan) yang mempunyai karir sangat apik di dunia tinju, sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya itu. Kemunculan sahabat kecil Adonis hadir di film Creed 3 ini. 

Kembali ke masa lalu ketika Damian sedang berada di masa emasnya, Bersama Adonis keduanya seperti kakak dan adik, Adonis sangat akrab dengan Damian sampai suatu tragedi menjadi penghalang bagi karir Damian, kejadian itu membuat damian harus terjerat hukum. 

Setelah bebas, ia mendatangi Adonis untuk mencari kesempatan yang dapat mengubah hidupnya demi memperebutkan gelar. Saat keadaan memungkinkan, pertandingan luar biasa mengagetkan terjadi, hasil yang sengit mengejutkan dunia olahraga dan Adonis.

Berdasarkan genre film, tentu film ini cocok untuk penyuka olahraga khususnya tinju dan bela diri. Tidak hanya berfokus pada olahraganya saja, film ini juga memiliki penekanan pada hubungan keluarga, rekan, dan emosi melalui kisah-kisah dramatis di dalamnya. 

Film ini masih memiliki hubungan dengan penyandingnya, dalam kisah “Rocky” dimana Sylvester Stalone menjadi pemeran utama, latar belakangnya menjadi salah satu sisi lain dari film Creed 3 ini, betapa menariknya sebuah kisah lama yang akhirnya membawa cerita ke karakter lain yang sukses diangkat ke sebuah film. 

Michael B Jordan sebagai pemain dan juga sutradara mendapat respon positif dari kritikus melalui film ini, Kritikus memuji adegan pertarungan orisinal dan menggetarkan dalam Creed 3, yang secara inheren berfungsi sebagai perayaan lain dari arahan mencolok Michael B. Jordan.

Kritikus film berkomentar bahwa koreografi dan gaya visual dari adegan pertarungan di Creed 3 adalah orisinal dan menarik, terutama dengan makna baru yang mereka ambil dalam cerita Adonis Creed. 

Bahkan, menurut ulasan Austin Burke dari Flick Fan Nation, Jordan menyutradarai salah satu "urutan pertarungan paling ahli yang pernah ada", dengan kritikus lain memuji adegan tinju sebagai yang terbaik dari trilogi Creed. 

Bagi anda pecinta olahraga, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menonton Creed 3 yang sudah tayang di seluruh bioskop kesayangan.

(Wildan Adil Hilba)