Sediakan Wadah Belajar Konsep Transportasi Berkelanjutan, Bluebird Academy Seleksi Pendaftar Kampus Merdeka

ITK • Thursday, 2 Mar 2023 - 10:36 WIB
Bluebird

Jakarta - Usung tema BirdTransformasi untuk Mobilitas Negeri, PT Blue Bird Tbk berkolaborasi dengan Kampus Merdeka, program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka, dimana perusahaan membuka kesempatan belajar bagi mahasiswa di kantor pusat Bluebird dan juga beberapa pool Bluebird. Program yang berlangsung secara berkelanjutan selama periode satu semester ini merupakan perwujudan dari komitmen Visi Keberlanjutan Bluebird, yang telah diluncurkan oleh Perseroan pada pertengahan 2022 lalu, dan akan dilaksanakan di bawah program Bluebird Academy. Kolaborasi bersama Kampus Merdeka ini adalah pelaksanaan MSIB gelombang keempat yang digelar mulai Februari hingga Juli 2023. Saat ini Bluebird telah menerima 54 peserta terpilih dari lebih 13.000 pendaftar magang, yang selanjutnya akan ditempatkan di berbagai divisi di Bluebird.

Lahir dari sosok akademisi, Bluebird selalu terdorong untuk membawa warisan luhur pendirinya guna memberikan dampak sosial yang berkelanjutan melalui pendidikan. Melalui inisiatif Bluebird Academy yang merupakan bagian dari Visi Keberlanjutan perusahaan pada pilar BlueLife, Bluebird berkomitmen mendorong upaya peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM bagi seluruh pemangku kepentingan dan berperan aktif mendukung transformasi pendidikan di Indonesia. Setelah secara konsisten menyelenggarakan inisiatif pendidikan kewirausahaan dan pemberdayaan perempuan melalui Kartini Bluebird serta penyaluran beasiswa yang hingga kini telah menjangkau lebih dari 37.000 anak pengemudi, Bluebird kini menyediakan sistem pendukung pendidikan yang berdaya guna, kreatif,  adaptif dan relevan bagi calon SDM melalui kolaborasi dengan Program MSIB Kampus Merdeka guna mewujudkan mobilitas terbaik untuk negeri.


Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan komitmen Perusahaan dalam memberikan dampak sosial positif dan berkelanjutan melalui pendidikan, Bluebird berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM di Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Kampus Merdeka, Bluebird menyediakan sistem pendukung pendidikan yang berdaya guna, adaptif dan relevan dalam mendorong transformasi pendidikan di Indonesia.

“Kami sangat bangga dan berbahagia dapat mendukung program Kampus Merdeka sebagai jembatan antara pihak industri, masyarakat dan pendidik untuk dapat berkolaborasi dalam memaksimalkan pengembangan pendidikan nasional. Melalui dukungan pelaku industri, seperti Bluebird, para mahasiswa akan mendapatkan nilai tambah dengan terjun langsung ke industri untuk mengembangkan kompetensi formal dan non formal, khususnya di sektor transportasi darat, seperti pengelolaan teknis kendaraan guna memastikan emisi karbon yang rendah, keamanan berkendara, dan efisiensi operasional. Selain itu, dari sisi operasional di Kantor Pusat Bluebird, mahasiswa akan belajar mengenai pengelolaan TIK;  pelayanan dan pengelolaan hubungan dengan pelanggan; pengelolaan aktivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) seperti Beasiswa Bluebird, Kartini Bluebird, dll; pengelolaan komunikasi ke pengemudi di seluruh Indonesia; dan lain sebagainya. Inisiasi ini diharapkan dapat membangun SDM handal yang mampu berinovasi dan menciptakan terobosan baru dalam menunjang pertumbuhan industri transportasi darat di Indonesia,” ungkap Sigit. 
 
Sementara itu, Wachyu Hari Haji selaku Kepala MSIB Kampus Merdeka mengatakan kolaborasi antara Bluebird dan Kampus Merdeka merupakan langkah strategis untuk memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas dan memberikan nilai tambah bagi satu sama lain. Perguruan tinggi bertanggung jawab menyelenggarakan pendidikan berkualitas, serta mempersiapkan lulusan siap kerja memasuki dunia usaha dan industri, sementara industri memegang peranan penting membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi nasional. 

“Program MSIB Kampus Merdeka, merupakan wadah bagi perguruan tinggi dan industri untuk bekerjasama dan saling membantu memperkuat satu sama lain. Melalui program ini, perguruan tinggi dan industri bisa bekerjasama dalam memperkuat program pendidikan, mempromosikan inovasi dan penerapan teknologi terbaru, meningkatkan daya saing dan mempersiapkan lulusan yang siap kerja dan memahami dunia industri serta mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan”,  jelas Wachyu.

Sigit melanjutkan bahwa Bluebird berkomitmen menjadi mitra Kampus Merdeka dengan cara memberikan pengalaman belajar secara langsung dari dunia usaha dan industri, dengan memberikan dari pelatihan pengembangan kurikulum perusahaan dalam aspek keamanan, keandalan, dan standar pelayanan transportasi darat. Saat ini Perseroan telah berkembang menjadi wadah perusahaan dalam memberikan keterampilan tambahan melalui jalur pendidikan informal yang bertujuan memberikan nilai tambah guna mendukung perkembangan SDM di Indonesia. “Karena itu, besar harapan kami, kolaborasi Bluebird dan Kampus Merdeka ini dapat memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi para peserta program dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang jaman melalui peningkatan prinsip pola pikir berkembang melalui program magang,” tambah Sigit.

Program kolaborasi dengan Kampus Merdeka yang digagas dengan tema “BirdTransformasi untuk Mobilitas Negeri” akan menjadi program percontohan untuk mengembangkan peserta didik yang kompeten dan inovatif untuk mewujudkan layanan transportasi berbasis Mobility-as-a-Service (MaaS) di Indonesia. Selain itu, kerjasama dengan pelaku industri seperti Bluebird memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan dan keterampilan teknis antara peserta didik dengan tenaga ahli di sektor Mobility-as-a-Service (MaaS) di Indonesia; meningkatkan minat lulusan perguruan tinggi terhadap penyedia layanan mobilitas di Indonesia; serta mempersiapkan para peserta didik memasuki dunia kerja dengan kemampuan dan keterampilan yang relevan.
 
“Sebagai perusahaan layanan mobilitas terdepan di Indonesia, Bluebird menyadari perannya dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menjadi tulang punggung masa depan Indonesia. Bagi kami, kolaborasi Bluebird dengan Kampus Merdeka ini merupakan tonggak bersejarah untuk membantu meningkatkan daya saing lulusan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan melalui pengalaman belajar langsung dari industri dan dunia usaha,” tutup Sigit. (*ITK)