Google: Penelusuran "E-Wallet" Naik 190% Seiring Tren Non-Tunai di Indonesia

ITK • Thursday, 2 Mar 2023 - 10:15 WIB
Google Indonesia

Jakarta - Perkembangan teknologi telah mendorong sektor keuangan di Indonesia meningkatkan fasilitas yang memudahkan konsumen bertransaksi secara digital. Saat ini, terlihat konsumen semakin nyaman dan percaya untuk melakukan transaksi perbankan melalui perangkat digital mereka. Konsumen pun mulai mencari tau berbagai fasilitas transaksi digital yang memudahkan mereka berbelanja tanpa menggunakan uang fisik.

Tidak hanya itu, kini masyarakat di Indonesia terlihat lebih peduli dan berupaya untuk belajar lebih banyak tentang manajemen keuangan pribadi guna meningkatkan stabilitas finansial mereka. Ini terlihat dari bagaimana mereka semakin tertarik untuk mencari tahu tentang “side hustle” maupun tips untuk mengatur anggaran keuangan, agar mereka dapat bertahan disaat-saat krisis.

Seiring meningkatnya literasi keuangan, masyarakat Indonesia juga terlihat semakin terbuka dan mulai menjajaki berbagai pilihan pinjaman online yang kredibel untuk membangun kredit dengan cara yang aman dan cerdas. :

  • Penelusuran “kartu kredit” meningkat 80% di YouTube

  • Penelusuran “pinjol aman” naik 110%

  • Penelusuran “pay later” naik 20%

  • Penelusuran topik “investasi” naik 25%

Lihat temuan lainnya terkait upaya masyarakat di Indonesia untuk mengatur manajemen keuangan mereka setelah pandemi di laporan Year In Search selengkapnya di sini. (*ITK)