Menhub Budi Karya Sumadi Ajak Jepang Bangun Jalur Moda Transportasi Publik di IKN 

MUS • Wednesday, 1 Mar 2023 - 14:34 WIB

Tokyo - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Jepang dengan sejumlah agenda di antaranya pemaparan prospek kerja sama pembangunan kerja sama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, dalam Seminar yang diselenggarakan oleh Keidanren (Federasi Bisnis Jepang), di Tokyo, Selasa 28 Februari 2023. 

Kegiatan ini dihadiri Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, Wakil Ketua DPR RI/Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel, Direktur Jenderal Cipta Karya mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe.      

Pembangunan infrastruktur transportasi IKN menurut Menhub Budi Karya dirancang untuk semua aspek manajemen lalu lintas. 

“IKN dirancang untuk mengimplementasikan Intelligent Transport System yang mencakup manajemen lalu lintas dan sistem transportasi. Keikutsertaan Jepang yang memiliki sistem transportasi dan lalu lintas yang maju akan memastikan kualitas dari infrastruktur IKN,” demikian dikatakan Menhub Budi Karya yang juga menjabarkan rencana pembangunan sistem angkutan umum massal, perkeretaapian, transportasi udara dan pelabuhan pendukung IKN.  

Dubes Heri Akhmadi meyakini Jepang akan mengambil bagian dalam pembangunan IKN yang berkelanjutan. 

“Perlu adanya mapping perusahaan-perusahaan Jepang yang perlu di engage pada tiap sektor yang menjadi prioritas utama. Sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Indonesia, KBRI Tokyo akan terus mendorong partisipasi pengusaha Jepang dalam program-program strategis RI guna meningkatkan hubungan ekonomi yang saling menguntungkan,” ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Bidang Ekonomi KBRI Tokyo Sunan Jaya Rustam.

Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara dalam paparannya merinci skema pendanaan dan potensi peluang investasi di IKN Nusantara, yang meliputi diantaranya kerja sama pemerintah dan badan usaha dan pembiayaan luar negeri/penanaman modal asing. 

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Cipta Karya menjelaskan seputar upaya percepatan pembangunan IKN Nusantara yang tengah berjalan. Diantaranya adalah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

“Pada kuartal kedua dan ketiga tahun 2023, pengembangan lahan dan aksesibilitas untuk seluruh zona KIPP akan siap untuk dilaksanakan investasi,” kata Diana. 

Sementara itu Rachmat Gobel menekankan, selain dukungan penuh dari DPR RI dalam pemindahan Ibu Kota Negara, ia juga berharap pembangunan IKN Nusantara dapat menjadi acuan pengelolaan wilayah lainnya di Indonesia. 

Seminar ini diikuti oleh lebih dari 90 pengusaha Jepang. Keidanren adalah Federasi Bisnis Jepang yang berpusat di Tokyo Jepang.  Asosiasi ini beranggotakan sekitar 100 perusahaan besar di Jepang yang turut menentukan kebijakan investasi, ekspor maupun impor.