Mudahkan Bisnis Laundry, PT Star Technology Digital Resmi Luncurkan Aplikasi Iziloh

FAZ • Saturday, 25 Feb 2023 - 20:50 WIB

Jakarta - PT Star Technology Digital secara resmi telah meluncurkan aplikasi IZILOH yaitu aplikasi Laundry Marketplace yang menghubungkan pengusaha laundry dengan pengguna laundry. Menggandeng sejumlah pihak untuk mempermudah bisnis laundry, grand launching ini dilaksanakan pada Kamis, 23 Februari 2023 di Puri Grand Ballroom Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta malam.

CEO sekaligus Founder IZILOH, Maria Eva Sriulina mengatakan bahwa bisnis laundry harus mampu berevolusi, beradaptasi, dan beresolusi dengan segala kondisi, salah satunya mampu bertransformasi ke arah digitalisasi. IZILOH hadir untuk menjembatani penyedia pelanggan bisnis laundry di Indonesia dengan memberikan kemudahan bagi masyarkat dengan layanan cuci binatu yang cepat, bersih, higienis, dan terjangkau dari mana saja dan kapan saja. “Saya berharap bisnis laundry yang tadinya dipandang sebelah mata, bisnis cuma kucek-kucek, bisa menjadi bisnis yang diperhitungkan,” kata Maria saat memberikan sambutan dalam acara grand launching aplikasi IZILOH.

IZILOH berkolaborasi dengan Unilever, Asosiasi Laundry Indonesia, serta Lalamove dalam hal pengiriman barang. Sedangkan untuk pembayaran, IZILOH menggandeng Kaspro. “Dengan kolaborasi strategis ini kami berharap dapat bersinergi sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi dunia laundry di Indonesia. Semoga aplikasi ini menjadi revolusi baru di dunia laundry Indonesia yang memberikan kemudahan untuk penggunanya,” katanya.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (Purn) Wiranto yang turut hadir dalam peluncuran aplikasi IZILOH ini juga turut mengapresiasi IZILOH sebagai start up pertama yang memberikan pelayanan dasar bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu di Indonesia. menurutnya, usaha cuci mencuci ini merupakan kebudayaan paling tua di negeri ini, sehingga bisnisnya pun dapat dilakukan lintas negara dan lintas waktu. 

“Saya salut dengan adanya kreatifitas yang mengikuti trend jaman sekarang. Presiden juga mengatakan mudah-mudahan start up-start up baru dapat merambah usaha dari masyarakat. Saya kira (IZILOH) ini bagus karena muncul dari masyarakat,” kata Wiranto.

Sementara hadir secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menyatakan bahwa, IZILOH sudah sejalan dengan keadaan Indonesia yang memiliki potensi ekonomi digital begitu besar. “Saya mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran aplikasi IZILOH oleh PT Star Technology Indonesia yang memiliki tagline Iziloh, membuat hidupmu lebih easy! Selamat berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa Indonesia,” katanya.

Acara peluncuran ini ditutup dengan penandatangan nota kesepahaman antara Lalamove, Kaspro, PT Unilever Profesional dan Asosisasi Laundry Indonesia. Sebelumnya juga telah dilaksanakan seminar bagi para pengusaha bisnis laundry secara hybrid dengan tema “Future Laundry”, dimana peserta yang hadir yaitu para pengusaha laundry seluruh Indonesia, mitra-mitra dari IZILOH dan komunitas laundry seperri Asosiasi Laundry Indonesia, Induk Laundry Indonesia, Himpunan Pengusaha Laundry Indonesia, dan Komunitas Laundry Bogor Raya.

Sementara dalam waktu dekat ini, Maria juga akan meluncurkan buku “RATU LAUNDRY INDONESIA – Bongkar Rahasia Bisnis Laundry Pasti Sukses.” Buku ini berisi mengenai Alasan Kenapa Harus Berbisnis Laundry dan Pantangan yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Laundry. Selain itu juga diceritakan mengenai pengalaman penulis hingga berhasil membawa laundry Indonesia ke dunia laundry internasional melalui ajang Laundry Awards Indonesia Best Practise Laundry Awards.