Pameran Wisata Terbesar di Indonesia, Astindo Travel Fair 2023 Resmi Dibuka

ANP • Friday, 24 Feb 2023 - 18:42 WIB

Jakarta – Pameran wisata terbesar di Indonesia ASTINDO Travel Fair 2023 di Hall 2, ICE BSD Tangerang secara resmi dibuka hari ini. Acara yang telah dimulai sejak kemarin ini akan berlangsung sampai tanggal 26 Februari 2023, dengan jam operasional setiap harinya mulai Pk. 10.00 s.d. 21.00 WIB. Selain Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bali.

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, dalam sambutannya menyampaikan, kegembiraannya ASTINDO Travel Fair tahun ini genap memasuki usia yang ke-13. “Sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, ASTINDO Travel Fair saat ini telah memiliki positioning sebagai salah satu travel fair yang terbesar dan terlengkap di Indonesia dan menjadi referensi terbaik bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan wisatanya baik domestik maupun internasional (outbound). ASTINDO Travel Fair didukung oleh multi airlines menjadikan consumer show ini berbeda dengan kebanyakan travel fair yang digelar di Indonesia, dan selalu dinantikan oleh para holidaymakers,” sambut Pauline.

“Kami bersama dengan mitra kerja, stakeholder dan komunitas pariwisata berkomitmen agar ASTINDO Travel Fair selalu dapat menjadi ajang pameran wisata yang terdepan dan terlengkap di Indonesia dan sebagai referensi liburan hemat masyarakat di Indonesia baik wisata domestik maupun mancanegara. ASTINDO Travel Fair juga mendukung promosi wisata domestik paket tour dan aktivitas desa wisata, serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sejalan dengan program Pemerintah,” ungkap Pauline.

“Setelah diterpa pandemi Covid-19 selama dua tahun sehingga menyebabkan industri pariwisata mengalami keterpurukan, tahun ini kami melihat trend peningkatan pertumbuhan perjalanan wisata masyarakat Indonesia walaupun belum kembali pada posisi pre-covid, baik wisata domestik maupun mancanegara. Trend ini juga dipicu karena saat ini hampir seluruh negara telah membuka wilayahnya dan memberikan kemudahan wisatawan mancanegara masuk ke wilayahnya. Kondisi yang menggembirakan ini serta dukungan para loyal sponsors memicu kami untuk menghadirkan kembali travel fair terbesar, sekaligus untuk membantu anggota kami para travel agent untuk mereaktivasi bisnis yang sempat mati suri selama pandemi. Selain anggota ASTINDO dibebani biaya sewa lahan yang sangat minim, para travel agent pun dapat memberikan penawaran harga menarik serta diskon spesial untuk harga tiket dan paket tur wisata domestik dan luar negeri dengan menggandeng kerjasama dengan mitra industri terkait, seperti maskapai penerbangan, agen wisata, perbankan, asuransi, dan lain-lain,” tambah Pauline.

“Momen Pembukaan ASTINDO Travel Fair juga kami manfaatkan untuk melakukan penandatangangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara ASTINDO dengan sejumlah pihak, yaitu dengan Garuda Indonesia tentang Penyediaan Jasa Layanan Penerbangan, Telkomsel tentang Layanan Telkomsel Roamax Reseller, LIA dan Yayasan Simpul Indonesia untuk pendampingan desa wisata, juga dengan Singapore Tourism Board, dan Malaysia Healthcare Travel Council,” pungkas Pauline.

Selama ASTINDO Travel Fair, beragam paket tujuan wisata domestik dan mancanegara serta produk dan jasa wisata ditawarkan kepada seluruh pengunjung dengan harga menarik. Selain itu, para pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai destinasi dan trend wisata dalam dan luar negeri. menambah semarak perhelatan ajang berkumpulnya para pelaku bisnis industri pariwisata di Indonesia, mulai dari agen travel, maskapai penerbangan, perbankan, asuransi perjalanan, hotel, cruise lines, obyek wisata, badan promosi pariwisata, hingga ragam perlengkapan wisata.

Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2023, Anton Sumarli, menyampaikan harga, keunikan dan kualitas destinasi masih menjadi pertimbangan masyarakat dalam berwisata. “Untuk itu kami bekerjasama dengan 19 airline partners dan travel agent anggota ASTINDO menawarkan harga tiket dan paket wisata dengan harga promo selama berlangsungnya. ASTINDO Travel Fair 2023. ASTINDO Travel Fair 2023 didukung oleh 19 maskapai penerbangan ternama berskala internasional, yaitu All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cathay Pacific, China Airlines, Citilink, Emirates Airlines, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, NAM Air, Philippine Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Scoot Airlines, Sriwijaya Air, dan Turkish Airlines yang akan menawarkan harga tiket terbaik

sepanjang tahun kepada seluruh pengunjung pameran dengan beragam pilihan destinasi populer mancanegara dan domestik,” papar Anton.

ASTINDO Travel Fair tahun ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui programnya Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), mendorong pengunjung ASTINDO Travel Fair berwisata di Indonesia melalui kampanyenya, “Bangga Berwisata di Indonesia Aja”. Kali ini ASTINDO kembali memberikan booth secara gratis kepada travel agent dari luar Jakarta untuk melakukan promosi paket-paket wisata domestik di ASTINDO Travel Fair 2023. Terdapat 49 tour operator anggota ASTINDO dari 15 propinsi yang menempati booth BBWI yang letaknya berdekatan dengan booth Wonderful Indonesia Para tour operator tersebut telah mengemas paket-paket wisata (land arrangement) untuk destinasi di daerahnya masing-masing.

“Dengan total 78 booth di Hall 2, ICE BSD Tangerang, ASTINDO Travel Fair diramaikan oleh 19 airlines, 39 travel agent, 49 tour operator dari 15 propinsi, 16 destinasi wisata, dan 13 perusahaan pendukung pariwisata, kami optimis ASTINDO Travel Fair tahun ini mampu menembus angka pengunjung hingga 30 ribu orang dengan perkiraan transaksional (sales volume) hingga Rp. 120 Milyar. Estimasi transaksi penjualan ini kami targetkan dengan mempertimbangkan situasi bisnis industri pariwisata yang pada saat ini belum kembali pada posisi pre-covid. Target nilai transaksi bisnis ini akan diperoleh dari penjualan tiket (ticket issued) rute internasional dan domestik serta paket- paket wisata,” ujar Anton pada pembukaan pameran dan konferensi pers, hari ini di Jakarta,” tambah Anton.

“Selama pameran wisata ASTINDO Travel Fair, pengunjung juga akan dimanjakan dengan beragam destinasi yang unik dan terkini yang disajikan dalam bentuk informasi menarik dan atraksi yang menghibur oleh sejumlah badan promosi pariwisata (NTO) mancanegara dan domestik yang hadir selama ASTINDO Travel Fair, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dubai Department of Economy and Tourism, Hong Kong Tourism Board, Japan National Tourism Organization, Korea Tourism, Sarawak Tourism Board, Taiwan Tourism Bureau, Tourism Authority of Thailand, dan Tourism Malaysia, serta Badan Promosi Pariwisata Daerah dan juga cruise liner yang beroperasi di regional dan internasional,” lanjut Anton.

Harga paket promo tur mancanegara dan domestik pun menjadi gimik spesial di ASTINDO Travel Fair 2023. Tawaran menggiurkan untuk paket wisata termasuk . Ada pula tur paket wisata termasuk Pesawat dan Hotel ke berbagai destinasi favorit di Indonesia selama 3 hari 2 malam dengan harga mulai 1 jutaan, seperti: ke Bandung dibuka mulai harga Rp.1.100.000, Yogyakarta Rp. 1.600.000, Belitung Rp. 1.700.000, Derawan Rp. 2.300.000, Lombok Rp. 2.800.000, Likupang Rp. 2.800.000, Danau Toba Rp. 3.000.000, Aceh Rp. 3.800.000, Bromo Rp. 4.700.000, Labuan Bajo Rp. 6.800.000, dan lain-lain

Pesawat, Hotel dan Tur ke berbagai destinasi mancanegara.

Tiket penerbangan dengan destinasi popular pun ditawarkan dengan harga terbaik sepanjang tahun, mulai dari Rp. 2.866.000 untuk ke Singapura, Rp. 2.966.000 untuk ke Kuala Lumpur, Tokyo seharga Rp. 5.666.000, Hong Kong Rp. 4.366.000. Destinasi lain, Sydney seharga Rp. 9.366.000, Europe Rp. 9.466.000, New York seharga Rp. 11.566.000, dan masih banyak lagi.

ASTINDO Travel Fair tahun ini kembali menggandeng BCA sebagai Bank Partner serta BCA Insurance sebagai Insurance Partner.

Menyambut industri pariwisata yang kembali bergairah, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung perhelatan Astindo Travel Fair 2023 sebagai mitra bank resmi. Dukungan ini menunjukkan konsistensi BCA sebagai perbankan nasional yang senantiasa berkomitmen menyokong geliat industri pariwisata nasional.

Ini adalah kali ke-13 BCA menjadi penyokong utama penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair sejak mengikuti gelaran ini pada 2011 lalu. SVP Transaction Banking Business Development BCA Dody Santosa Iswan menilai kondisi perekonomian negara yang semakin membaik dan status PPKM yang sudah dicabut menjadi kombinasi yang tepat untuk mendorong industri pariwisata lebih bergairah dari tahun-tahun sebelumnya.

"Perlahan tapi pasti tren pariwisata Tanah Air menemukan kembali momentumnya selepas pandemi menerjang seluruh dunia. BCA melihat ini sebagai momentum yang tepat untuk memberi insentif kepada wisatawan agar kembali menjelajah destinasi- destinasi pariwisata favorit, baik domestik maupun luar negeri, dengan berbagai promo menarik," jelas Dody.

ASTINDO Travel Fair 2023 menghadirkan 80 merchant yang terdiri dari 29 travel agent, 19 maskapai penerbangan internasional dan domestik, 8 badan promosi pariwisata internasional dan domestik, 21 merchant pendukung industri pariwisata, serta 7 pusat atraksi/akomodasi.

Ajang ini ditargetkan dapat menarik 30.000 pengunjung selama perhelatan yang berlangsung selama 4 hari, pada 23-26 Februari 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang dengan target sales volume 120 miliar rupiah. Dengan terselenggaranya Astindo Travel Fair 2023 ini, BCA berharap pengunjung dapat menemukan kebutuhan paket wisata, tiket penerbangan, serta akomodasi yang diidam-idamkan dengan harga yang lebih terjangkau.

BCA sebagai pendukung utama acara mengadakan sejumlah promo dan penawaran menarik sepanjang perhelatan. Beberapa di antaranya adalah cashback sebesar Rp660.000, potongan harga langsung Rp500.000, serta cicilan BCA 0%.

“Kami berharap Astindo Travel Fair 2023 yang menjadi bagian rangkaian acara BCA Expoversary 2023 ini dapat membantu masyarakat menemukan liburan impiannya, menikmati momen-momen istimewa di destinasi pariwisata favorit, dengan lebih mudah dan nyaman. BCA memfasilitasi segala kebutuhan transaksi selama penyelenggaraan dengan berbagai promo dan fasilitas pembayaran yang beragam,” pungkas Dody.

Dalam upaya meningkatkan experience Nasabah dan Masyarakat, Astindo Travel Fair 2023 diadakan sebagai salah satu bagian dari rangkaian besar BCA Expoversary 2023. Ajang ini dapat dikunjungi di Hall 2 ICE BSD, Banten. BCA Expoversary 2023 sendiri merupakan ajang perayaan ulang tahun BCA ke-66 sekaligus bentuk apresiasi kepada nasabah. BCA Expoversary juga bisa dinikmati secara online dari 23 Februari hingga 26 Maret 2023 melalui tautan expo.bca.co.id.

BCA sebagai Bank Partner ASTINDO Travel Fair 2023 memberikan kesempatan bagi para Pemegang Kartu Kredit BCA untuk mewujudkan impian berwisata baik domestik maupun luar negeri melalui beragam promo istimewa, diantaranya:

Fasilitas Manfaat (Cashback, Voucher Discount, Voucher Pembayaran)

1. Cashback :

  1. Pembelian Ticket, Paket Wisata senilai minimal Rp 8 juta dengan Kartu Kredit BCA JCB mendapatkan Cashback senilai Rp 660.000,- /kartu/nama/hari

  2. Pembelian Ticket ticket ke Jepang, menggunakan Kartu Kredit BCA JCB mendapat Cashback Rp 500.000,-

c. Cicilan BCA 0% 3 dan 6 bulan min. transaksi Rp 500 ribu.
d. 2xKrisFlyermilesuntukpembelanjaandenganKartuKreditBCASingapore

Airlines.

2. Voucher Discount BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia):

a. Pembelian Paket Domestik/BBWI dengan niliai minimal Rp 3 juta, dengan Kartu Kredit BCA mendapat Voucher discount Rp 500.000,-/kartu/nama/hari.

b. Voucher Discount tersedia 100 Voucher per hari.

3. Voucher Pembayaran BCA Expoversary:

Voucher Pembayaran BCA Expoversary bisa didapatkan, bagi Pembelian/transaksi yang tidak/belum mendapatkan Cashback, dengan ketentuan sbb :

a. Pembelanjaan diatas Rp 1 juta, mendapatkan voucher pembayaran Rp 300.000,-

b. Pembelanjaan diatas Rp 300.000,- mendapatkan voucher pembayaran Rp 100.000,-

4. Dan hadiah menarik lainnya

BCA Insurance sebagai Insurance Partner dalam penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair

2023 memberikan asuransi perjalanan gratis bagi pengunjung yang membeli tiket pesawat untuk perjalanan internasional dan domestik selama ASTINDO Travel Fair 2023 berlangsung.

ASTINDO Travel Fair 2023 turut didukung oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), anggota ASTINDO, serta Pacto Convex sebagai Event Organizer. BCA sebagai Bank Partner ASTINDO Travel Fair 2023 menyediakan kemudahan dalam cara pembayaran

seperti Cashback dan Cicilan 0%, diskon khusus bagi nasabah BCA, extra voucher untuk belanja di BCA Expoversary yang berlangsung pada saat yang sama di ICE BSD Tangerang. Pendukung lainnya, BCA Insurance sebagai Insurance Partner menawarkan asuransi perjalanan gratis selama berlangsungnya pameran ASTINDO Travel Fair 2023.

ASTINDO Travel Fair juga didukung oleh industri penunjang lainnya, yaitu, Blue Bird

Group sebagai Transportation Partner, Telkomsel sebagai Telco Partner, Amadeus Technology Indonesia, Sabre Travel Network Indonesia, Travel Port Indonesia sebagai GDS Partners, dan Soul of Jakarta sebagai Media Partner. Sejumlah industri terkemuka juga turut didukung ASTINDO Travel Fair, yaitu Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, Skrineer Mask, iForte, dan AEON Mall BSD City. Para pendukung ini menawarkan beragam keuntungan kepada pengunjung ASTINDO Travel Fair.