Inacraft 2023 Hadirkan Berbagai Kerajinan Tangan

LAN • Friday, 24 Feb 2023 - 17:18 WIB

Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) merupakan wadah bagi produsen dan eksportir handicraft Indonesia. 

Asephi didirikan dengan tujuan mengakomodir harapan dan aspirasi perajin, pengusaha handicraft dan mendorong jiwa kemandirian hingga menjadi pengusaha profesional yang tangguh sekaligus mendukung sukses program pembangunan ekonomi nasional. 

Asephi berdiri sejak 5 April 1975, semakin tumbuh dan bertambah maju dengan event tahunan Pameran Inacraft (International Handycraft Trade Fair). Inacraft 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 1-5 Maret dan 2-6 Oktober di Jakarta Convention Center.  

Pada program UKM Forum MNC Trijaya FM, Rabu (22/02/2023) Sekretaris Badan Pengurus Pusat (BPP) Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) yang juga Project Officer Inacraft, Baby Jurmawati Djuri mengatakan, penyelenggaraan Inacraft tahun ini mengusung ikon pilihan dari Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2018 Inacraft mendapatkan penghargaan maestro seni dan tradisi untuk kategori komunitas.

"Target pasar yang masih terbesar ibu ibu ya mulai berbagai kategori dari remaja, laku pekerja kantoran, ibu ibu sosialita dan umum. Pengunjung dalam negeri masih menjadi motivasi untuk para peserta inacraft," ujar Baby

Baby menjelaskan tak hanya pameran kerajinan tangan, beberapa tahun kebelakang ini Inacraft juga menghadirkan kuliner tradisional dalam pamerannya, yang mana kuliner tersebut sudah masuk dalam warisan budaya tak benda yang dalam kategori kerajinan. 

"Acara pendukung lain tahun ini selain pameran dagang adalah Inacraft Award, lalu ada seminar yang mengangkat tema warisan budaya tak benda dan salah satu narasumbernya adalah Gubernur Sulawesi Selatan, ada workshop, lalu ada podcast dan di hari terakhir ada doorprize," tutup Baby. 

[SHIFA AZ ZAHRA]