Anak Pejabat Pajak Pelaku Penganiayaan Hobi Pamer Harta, Psikolog: Kepribadiannya Tidak Stabil

MUS • Thursday, 23 Feb 2023 - 19:04 WIB

Jakarta - Putra pejabat pajak, Mario Dandy Satrio (20) ditetapkan polisi sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap David (17), anak salah satu pengurus pusat GP Ansor.

Belakangan, diketahui bahwa Mario sering memamerkan harta berupa mobil mewah dan motor gede yang diduga milik orangtuanya di sosial media.

Melihat hal tersebut, psikolog micro ekspresi, Poppy Amalya mengatakan terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan orang seperti Mario memamerkan harta di sosial media.

“Kira-kira alasan tersebut dapat apa? Orang-orang memperhatikan dia dan juga membentuk image dia yang positif. Jadi, orang tersebut melakukan karena ada rasa ingin diperhatikan,” kata Poppy Amalya pada program Trijaya Hot Topic MNC Trijaya, Kamis (23/02/23).

Poppy mengatakan faktor kepribadian yang tidak stabil dan kurang matang juga ikut berpengaruh. Hal ini karena dia mempersepsikan perhatian sama seperti benda. Selain itu, terdapat juga persoalan dengan orang terdekat.

”Dia mempersepsikan perhatian itu sama dengan barang, sama dengan benda. Berarti disini ada persoalan perhatian tersebut dari orang-orang terdekat. Nah ini kan gambaran apa? Kepribadian yang kurang matang,” kata Poppy.

Poppy menambahkan, terdapat tekanan sosial dalam perilaku seperti itu. Lingkungan pertemanan akan berpengaruh dan menuntut seseorang untuk terlihat lebih dan superior.

“Ada juga tekanan sosial disini. Karena lingkungan pertemanannya seperti apa. Kalau udah lingkungan para pejabat, artis. Pressure sebagai seorang artis, pressure sebagai seorang pejabat. Itu mengakibatkan seseorang harus terlihat superior. Tekanan di lingkungannya itu membentuk dirinya harus terlihat lebih,” pungkas Poppy. (Jess)