Survei Polstat: Elektabilitas Capai 5,1%, Perindo Berpeluang Besar Tembus Senayan

FAZ • Wednesday, 22 Feb 2023 - 19:17 WIB

Jakarta - Jelang Pemilu 2024, elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terus mengalami kenaikan. Bahkan, partai tersebut diprediksi dapat mengancam partai lama untuk berebut ke Senayan.

Berdasarkan survei Political Statistics (Polstat), elektabilitas Partai Perindo sebesar 5,1%. Elektabilitas Perindo itu jauh di atas partai-partai lama seperti Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Dari sejumlah partai nonparlemen, tampaknya hanya Partai Perindo yang berpeluang besar tembus ke Senayan," kata Peneliti Senior Polstat Apna Permana dalam keterangan tertulis yang diterima MPI, Rabu (22/2/2023).

Sejumlah gebrakan yang dilakukan Perindo, jelas dia, sukses membuat partai ini dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, ke depan tidak menutup kemungkinan Perindo akan mengancam partai-partai yang ada di parlemen. "Dengan berbagai gebrakan yang terus dilakukan dalam setahun terakhir, Partai Parindo semakin menebar ancaman kepada partai-partai yang saat ini bercokol di parlemen. Elektabilitas Partai Perindo lambat tapi pasti terus merangkak naik menjadi partai papan tengah," ucapnya.

Dia menyebut, setidaknya ada dua pemicu yang membuat elektabilitas partai ini terus naik. Selain kekuatan tokoh nasional, Perindo juga dinilai memiliki program yang menyentuh masyarakat. "Selain berhasil merekrut sejumlah tokoh nasional yang memiliki kekuatan elektoral, Partai Perindo juga aktif melakukan pendekatan ke publik luas dengan program-programnya yang berorientasi ekonomi rakyat," ungkap dia.

"Bahkan berdasarkan survei Polstat, Partai Perindo selain diapresiasi publik sebagai partai yang peduli masyarakat bawah juga dipersepsikan sebagai salah satu partai yang peduli pertanian," lanjut Apna.