Calon Gubernur Pilihan Jokowi Akan Diumumkan Hari Ini, Cek Namanya Disini!

LAN • Wednesday, 22 Feb 2023 - 13:49 WIB

Jakarta- Jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang saat ini diemban Perry Warjiyo bakal habis masanya sebentar lagi. Perubahan kepemimpinan pun akan dilakukan.

Perry Warjiyo telah menjabat sebagai Deputi Gubernur BI dengan masa periode 2013-2018. Pria kelahiran Sukaharjo, 25 Februari 1959 ini sebelum menjadi Deputi Gubernur, dia menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia.

Namun dalam perjalanannya, dia pun sempat dipercaya DPR menjadi Deputi Gubernur BI sejak 5 tahun terakhir.

Daftar nama calon Gubernur BI yang bisa diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya tiga orang saja.

Presiden Joko Widodo sudah mengantongi nama-nama calon Gubernur BI, Jokowi akan memutuskan siapa yang diusul maju sebagai calon Gubernur BI hari ini (2/22/23)

Dari internal Bank Sentral, tentu ada nama-nama calon Gubernur BI yang bisa diajukan Jokowi, seperti Gubernur BI saat ini Perry Warjiyo, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dan Doni Primanto Joewono.

Sementara dari eksternal BI, Presiden Jokowi bisa juga mencalonkan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa.

Namun siapa yang akan dipilih tetap menunggu keputusan dari Presiden Jokowi

Sebagai informasi, jabatan Gubernur BI diusulkan dan diangkat oleh presiden dengan persetujuan dari DPR RI, nah nantinya nama-nama tersebut akan disetor kepihak DPR.

Bila urusan di DPR sudah selesai dan calon yang diusulkan Jokowi diterima, Gubernur BI baru hanya tinggal tunggu waktu untuk diangkat secara resmi.

 

(Wildan Adil Hilba)