UAS di Turki, Pelajar Indonesia Adakan Doa Bersama untuk Korban Gempa

ANP • Tuesday, 21 Feb 2023 - 06:59 WIB

Istanbul -  Duka sedang melanda negara dua benua Turki, gempa dengan skala 7,6 magnitudo menghantam bagian selatan di ujung wilayah Turki, 9 kota di Turki luluh lantah terkena dampak dari gempa, otoritas pemerintah Turki menaikan siaga gempa menjadi bencana nasional, hal ini menjadi pukulan musibah terbesar masyarakat Turki di awal tahun.

Bantuan dari negara tetangga hingga negara sesama muslim terus berdatangan, termasuk Indonesia yang terus mensupport Turki dengan mengirimkan bantuan material dan relawan kemanusiaan. Doa-doa terus dipanjatkan, berharap Turki lekas pulih.

Sesama negara muslim, masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Turki juga turut merasakan duka yang melanda Turki. Bersama dengan 10 organisasi diaspora Indonesia di Turki; Serumpun Masyarakat Riau (SEMARI Turki), Majelis Ta’lim Annisa Istanbul, Nusantara Furusiyyesi (NUFUS), Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Istanbul, Ikatan Keluarga Markaz Arabiyah Turki (IKMA Turki), Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM Turki), Madrasah Fatih, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI Turki), Rumeli Education Center dan Indonesia Al-Qur’an Center (IAC Turki) berhasil menciptakan kolaborasi dalam menyelenggarakan Tabligh Akbar Penggalangan Dana dan Doa Bersama Korban Gempa di Turki yang mendatangkan dai kondang Ust. Prof. H. Abdul Somad, Lc,. D.E.S.A, Ph.D.

Acara yang berlangsung di İnsan ve Medeniyet Hareketi, İstanbul berlangsung dengan khidmat, para peserta yang hadir berasal dari masyarakat Indonesia yang berada diseluruh penjuru kota di Turki, bahkan ada peserta hadir dari negara sahabat seperti Thailand, Malaysia, Brunei dan juga warga lokal Turki.

Mereka hadir dengan tujuan yang sama, mendengarkan kajian yang sudah lama dirindukan dan satu rasa kemanusiaan untuk mendoakan saudara-saudara kita yang terdampak musibah gempa.

Penggalangan donasi juga dilakukan dalam acara pengajian ini, para peserta sangat antusias untuk mendonasikan bantuan terbaik mereka, bahkan dana yang terkumpul mencapai Rp. 41.612.000 dalam sehari.

Panitia acara Muhammad Khadavie menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara, “Rasa syukur yang tak terhingga kita panjatkan kehadirat Allah dan ungkapan terimakasih sebesar-besarnya atas suksesnya acara Tablgih Akbar Penggalangan Dana dan Doa bersama untuk saudara-saudara Turki kita yang terdampak gempa, semoga acara ini menjadi penguat ukhuwwah dan rasa persaudaraan antara masyarakat Indonesia dan Turki”, tutur Khadavie.

Sezgin Kızılkoca, İnsan vakfı başkan yardımcısı ve Yurtdışı yardım koordinatörü. (Wakil Presiden Yayasan Kemanusiaan dan Koordinator bantuan luar negeri) menyampaikan kepada ratusan peserta yang hadir dalam sambutanya bahwa mereka sangat berterimakasih acara Tabligh Akbar ini bukan hanya sebagai kajian agama belaka, namun lebih dari itu sebagai bentuk pengamalan dari nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama.