Erick Thohir Diminta Perhatikan Sepak Bola Amputasi

MUS • Monday, 20 Feb 2023 - 23:00 WIB

Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terpilih Erick Thohir diharapkan menaungi semua cabang sepak bola di Indonesia. Termasuk timnas sepak bola amputasi yang pada 2022 lalu ikut berlaga di ajang Piala Dunia Turki.

Hal itu sebagaimana diutarakan Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah di Jakarta belum lama ini. 

“PSSI harus dapat menaungi semua cabang. Bukan hanya sepak bolanya saja. Sepak bola amputasi juga sudah masuk piala dunia, berharap 4 tahun lagi bisa masuk piala dunia dan bisa lolos kualifikasinya. Tentu perlu perhatian yang juga baik,” terang dia.

Ledia menjadi salah satu perwakilan yang mendampingi Timnas sepak bola amputasi berlaga di Piala Dunia Turki 2022. Timnas tercatat berada di peringkat 22 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

“Alhamdulilah juga udah dapat perhatian dari pengurus sebelumnya, tinggal kemudian untuk pembinaan dan pengembangan sepak bola amputasi jadi lebih penting,” jelasnya.

Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini juga berharap perhatian lebih dapat diberikan kepada sepak bola putri dan anak-anak yang selama ini membawa nama baik Indonesia.

“Jadi memang ini perlu semua diperhatikan dan dikembangkan dibina dengan sungguh-sungguh sehingga sistemnya berjalan baik. Kompetisinya berjalan produktif dan berkualitas. Wasitnya, pelaksanannya, pemainnya, pelatihnya semua bersikap sportif. Penontonnya juga bisa diedukasi,” terang Ledia.

“Mari kita sama-sama menguatkan pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia, jangan cuma berpikir industrinya saja, tetapi juga harus berpikir bagaimana pembinaan olahraga sepakbola untuk Indonesia ke depannya. Kita sudah punya Inpres percepatan sepakbola Indonesia, maka itu seharusnya bisa berjalan dan berhasil baik serta memberikan kontribusi baik bagi bangsa Indonesia,” imbuh Legislator Dapil Jawa Barat I ini.

Erick Thohir secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI untuk periode 2023-2027. Kepastian itu diketahui setelah Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) rampung diselenggarakan pada Kamis (16/2).

Erick Thohir dipastikan menang dengan jumlah suara 64 dari total 86 voter, sedangkan La Nyalla mendapatkan 22 suara. Adapun nama Erick Thohir sempat tersendat menjadi calon ketum PSSI lewat aturan berkontribusi sebagai anggota PSSI selama lima tahun.

Akan tetapi, masalah itu langsung dibantah. Sebab, dia pernah berkecimpung di sepak bola Indonesia sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada tahun 2009-2019.

Erick Thohir juga tercatat pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta pada era 2000-an. Terkini, Erick Thohir merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021.