Tekan Angka Kematian Akibat PTM, Klinik KJP Nara Gelar Pengobatan Gratis di Depok

FAZ • Monday, 20 Feb 2023 - 18:12 WIB

Jakarta - Dalam rangka mendukung program pembangunan kesehatan nasional, Klinik KJP Nara yang berlokasi desa Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat konsisten menggelar kegiatan pengobatan gratis kepada masyarakat umum di sekitar kawasan eduwisata Nara Kupu Village.

Manajer Operasional Klinik KJP, Fauzia Ulfah mengatakan, berdasarkan masalahnya penyakit dibagi menjadi dua yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular (PTM). Saat ini, PTM dapat menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia.

"Sadar akan pentingnya hal tersebut maka klinik KJP Nara berkontribusi untuk masyarakat melalui pengobatan gratis untuk masyarakat umum. Usaha pengendalian PTM ini memerlukan dukungan pemerintah, swasta, organisasi dan masyarakat," ujar Fauzia Ulfah, Senin (20/2/2023).

"Maka dari itu sebagai upaya menurunkan kasus PTM ini dibutuhkan program pengendalian, preventif dan pengobatan," lanjutnya.

Fauzia menyampaikan, cakupan layanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang berperan dalam upaya pencapaian tujuan program Indonesia sehat.

Menurutnya, kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang dan merupakan hak semua orang tanpa mengenal tingkat ekonomi.

"Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Contoh nyata program yang sudah berjalan, ada di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok ini," katanya.

Sebagai langkah konkret, lanjut Fauzia, pihaknya menggandeng PT. Bunda Global Pharma guna menyukseskan acara tersebut pada beberapa waktu lalu. Acara kegiatan pengobatan gratis tersebut pun melibatkan berbagai profesi yaitu dokter, perawat, tenaga kefarmasian dan tenaga umum.

"Dengan adanya kegiatan pengobatan gratis semacam ini tentunya menjadi daya tarik bagi masyarakat desa Pasir Putih, Depok untuk memeriksa kesehatannya, sehingga disaat yang sama mereka antusias datang ke klinik KJP Nara," sebutnya.

Lebih lanjut Fauzia menyampaikan bahwa pelaksanaan pengobatan gratis berlangsung dengan baik. Sekitar 80 orang datang untuk berobat ke klinik KJP Nara.

Fauzia menyebutkan, warga sangat antusias dan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Selain menyediakan tempat yang nyaman, semua petugas perawat dan dokter juga sangat ramah dalam melayani pasien.

"Klinik KJP Nara hadir dengan berbagai pelayanan diantaranya dokter umum, USG 2D dan 4D serta apotek. Berdirinya klinik KJP Nara di Pasir Putih Depok diharapkan dapat membantu kesehatan masyarakat sekitar," pungkasnya.