Sarinah Gandeng Uniqlo untuk Majukan UMKM Lewat Sarinah Pandu

ANP • Saturday, 18 Feb 2023 - 14:24 WIB

Jakarta – Sebagai salah satu bentuk kontribusi untuk memajukan UMKM Indonesia, Sarinah menghadirkan Sarinah Pandu, sebuah program yang mewadahi UMKM binaan pilihan untuk terus berkarya dan mengembangkan peluang sesuai dengan pontensinya.
Untuk ketiga kalinya, Sarinah menyelenggarakan Sarinah Pandu dan kali ini berkolaborasi dengan PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO), perusahaan ritel global asal Jepang. Bertajuk “Roadmap Future Retail Towards Global Market,” Sarinah Pandu batch ketiga ini dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 Februari 2023 di kantor pusat UNIQLO.
Direktur Utama PT SARINAH, Fetty Kwartati menyampaikan bahwa program Sarinah Pandu dibuat untuk membantu UMKM dalam mencapai titiknya yaitu naik kelas. Sarinah sebagai aggregator membuka kesempatan untuk para mitra Sarinah atau calon mitra Sarinah untuk belajar bersama dalam mengembangkan usahanya.
“Berangkat dari spirit yang sama, Sarinah dan UNIQLO akhirnya dapat bersama-sama membuat gerakan pengembangan UMKM ini menjadi nyata. Kami sangat berbahagia dan bangga bahwa UNIQLO dapat berkolaborasi dalam Sarinah Pandu Batch 3. Sarinah tidak bisa maju sendiri dalam menaikkan spirit UMKM, dengan adanya kolaborasi ini dapat melengkapi program nasional untuk memajukan UMKM Indonesia,” ucap Fetty.
Fetty juga mengatakan bahwa melalui Sarinah Pandu, peran Sarinah menjadi lebih kongkret karena Sarinah dapat memberikan akses langsung kepada UMKM mulai dari akses market, akses kredit dan capacity building.
Program Sarinah Pandu Batch 3 ini diikuti oleh 20 UMKM pilihan UNIQLO yang telah dikurasi oleh Sarinah. Para UMKM diberikan bimbingan oleh para narasumber dan praktisioner yang kompeten dan inspiratif seperti Sarinah, Shopee, Danareksa, Fortuna Indonesia, dan Kontrak Hukum.
Fetty berharap Sarinah Pandu dapat menjadi komunitas dan pergerakannya dapat menjadi lebih besar. Gerakan Sarinah Pandu juga diharapkan dapat membawa rombongan UMKM lainnya untuk turut naik kelas.
Pada kesempatan yang sama, Chief Financial Officer PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO), Shigeru Kumano menyampaikan bahwa Sarinah Pandu merupakan kesempatan emas bagi UMKM untuk bisa menjadi lebih baik. Kumano juga berharap para UMKM dapat mendapatkan ilmu dan koneksi yang luas dan dapat menjadi kebanggaan negara.