Fakta Menarik Mobil Esemka, Salah Satu Sorotan IIMS 2023

LAN • Friday, 17 Feb 2023 - 16:57 WIB

Jakarta — Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 yang dibuka pada 16 Februari kemarin menghadirkan mobil Esemka produksi PT Solo Manuaktur Kreasi.

Di pameran otomotif tersebut, Esemka memperkenalkan dan menawarkan mobil BIMA EV Passenger Van dan BIMA EV Cargo Van dengan harga masing-masing Rp540 juta dan Rp530 juta. Esemka juga menawarkan 2 mobil listrik terdahulunya, BIMA 1.3 PICK UP dengan harga Rp137 juta dan BIMA 1.3 PICK UP AC EPS dengan harga Rp150 juta. 

Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi menyebutkan, bahwa keempat mobil produksi anak bangsa tersebut dapat dipesan dalam rentang waktu pameran otomotif IIMS diselenggarakan yaitu 16-26 Februari. 

Namun, sebelum Anda membeli mobil buatan Indonesia ini, berikut beberapa fakta tentang mobil Esemka.

1. Pabrik Esemka Diresmikan oleh Presiden Jokowi. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan pabrik mobil Esemka di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada 6 September 2019. Peresmian pabrik ini menandai juga peluncuran produk PT Solo Manufaktur Kreasi yakni mobil ESEMKA BIMA 1.2 dan BIMA 1.3.

Pada saat Presiden Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo, ia mencetuskan kota tersebut sebagai Kota Vokasi yang memicu munculnya SMK-SMK. Banyaknya SMK yang berdiri, mendorong semangat komunitas ESEMKA untuk semakin cepat mewujudkan cita-citanya dalam membuktikan bahwa anak-anak Indonesia bisa dan mampu membuat mobil sendiri.

2. Esemka Memberikan Lapangan Pekerjaan bagi Para Lulusan SMK. PT Solo Manufaktur Kreasi mempekerjakan hampir 200 karyawan yang berasal dari lulusan SMK yang berada di daerah Jawa Tengah dan juga menerima siswa magang untuk mengasah keterampilan mereka dengan terjun ke lapangan secara langsung dengan supervisi dari tenaga ahli ESEMKA yang juga berasal dari Jawa Tengah. 

3. Spesifikasi Mobil Esemka Terbaru, BIMA EV. Varian mobil BIMA EV Passenger Van dan BIMA EV Cargo Van yang hadir di IIMS ini memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Bima EV Cargo VAN memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan dan Bima EV Passenger Van mampu menampung 11 penumpang.

Kedua mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm. Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear.

Mobil listrik Esemka untuk passenger van memiliki kapasitas 11 tempat duduk dan dilengkapi AC double blower, sedangkan untuk Blind Van Cargo memiliki AC single Blower.

Bima EV dilengkapi baterai listrik Ternary Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V. Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam. Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya. (Seno)