Kisah Sukses Clinton Augusto Kartawijaya dalam Berbisnis

ANP • Thursday, 16 Feb 2023 - 22:17 WIB

JAKARTA - Perusahaan  bangkrut bisa dirasakan oleh semua pengusaha yang sedang merintis, maupun yang sedang di puncak masa jaya. Apalagi di masa pandemi cukup banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan, hingga terpaksa menutup perusahaannya. 

Namun, berbeda dengan Muscle First sebuah brand suplemen terbaik yang malah semakin banyak diminati di masa pandemi Covid-19. Brand Muscle First berhasil melewati masa-masa berat berkat strategi yang telah dilakukan untuk membangun Muscle First.
 
Clinton Augusto Kartawijaya selaku Founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) Muscle First tersebut memang sudah memiliki pengalaman berbisnis sejak usia muda. Berasal dari keluarga dengan perekonomian terbatas tidak menghalangi Clinton untuk merubah hidupnya menjadi lebih baik. Ia mulai berjualan kecil-kecilan sejak dibangku sekolah SMP hingga SMA, mulai dari berjualan baju second (thrift), mouse gaming, kartu maximum tune, casing gawai, hingga suplemen kebugaran.
 
“Pas awal saya memulai bisnis dulu, saya pikir bisa menghandle semua itu sendiri tanpa orang lain seperti urusan operasional, manage penjualan, packing, anterin paket, cetak resi, pembukuan, dan lain-lain,” kata pria yang akrab dipanggil Clint

“Pengusaha pemula memang banyak yang berpikir bahwa bisa mengerjakan dengan one man show alias merasa dirinya sebagai superman. So, dia gak ngerasa butuh superteam,” Tambah Clint yang telah menerapkan teamwork yang baik dengan saudara-saudaranya sejak berjualan diusia muda.
 
Berkat dari pengalaman jatuh-bangkit yang Clint dapatkan dari usia muda, kini kisah Clint yang telah sukses membangun Muscle First telah memotivasi banyak orang. 

Clinton juga sering membagikan strategi-strategi yang Ia pelajari dari pengalaman sebelumnya melalui akun Instagram @augstclint. “Tujuannya untuk meminimalisir cost sendiri dengan gak menyewa banyak orang jadi semua untungnya buat kita, kan? Ini mindset yang banyak melekat pada kebanyakan owner perusahaan dan yang membuat banyak bisnis menjadi stuck atau dia gak bisa berkembang ke next step”.
 
“Ada beberapa pekerjaan yang bisa digantikan oleh orang lain, seperti contohnya operasional, sehingga founder bisa mempunyai waktu luang untuk memikirkan strategi perusahaan dalam setahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun kedepan mau kayak gimana” kata pria kelahiran 23 Agustus 1995 tersebut yang telah berhasil sukses di usia muda. 

“Kalau hanya mikirin setahun bakal kayak gimana, paling hanya dua tahun saja perusahaan itu masih bisa bertahan. Karena gak punya arah jelas perusahaan nantinya bakal kemana, jadi itu salah faktor yang bakal bikin perusahaan bangkrut”. Ungkap clint melalui akun Instagram nya @augstclint
 
Salah satu next step Muscle First yang diterapkan pada tahun 2023 ini adalah meluncurkan produk Pro Creatine pouch 350 gram. Sebelumnya Muscle First telah memiliki produk Pro Creatine dalam bentuk botol 300 gram dengan 6 variasi rasa yang menyegarkan. Beberapa rasa yang bisa dipilih pada Pro Creatine 300 gram yaitu, rasa bubble gum, mixberry, guava, peach, green apple, dan tropical fruit. Meskipun begitu, Pro Creatine pouch yang hanya mempunyai rasa bubble gum mendapatkan sambutan baik oleh penggemar Muscle First di launching perdananya. Apalagi kemasan Pro Creatine yang lebih besar membuat Pro Creatine fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Sukses selalu ya Clint dan Muscle First!