Kolaborasi dengan Kemenkes, East Ventures Luncurkan White Paper Tentang Genomik

MUS • Thursday, 16 Feb 2023 - 17:18 WIB

Jakarta - East Ventures hari ini meluncurkan white paper “Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future”. 

White paper ini dihadirkan East Ventures dengan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Redseer Strategy Consultant, untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana genomik dapat memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia. 

White paper ini juga berfungsi sebagai panduan bagi para pemangku kepentingan dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan sistem dan infrastruktur kesehatan Indonesia di masa mendatang. 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin turut berpartisipasi dalam peluncuran white paper ini. 

“Kondisi layanan kesehatan di Indonesia saat ini masih tertinggal dari negara lain dalam hal pengeluaran layanan kesehatan dan harapan hidup. Di sinilah bidang genomik dan pengobatan presisi berperan, menawarkan pendekatan transformatif untuk mendiagnosis dan merawat pasien yang mempertimbangkan susunan genetik unik setiap individu. White paper ini merupakan sebuah langkah maju yang besar dalam upaya kami untuk merevolusi industri perawatan kesehatan di Indonesia dan sekitarnya,” kata Menkes Budi. 

Menurut Menkes, ini adalah peluang yang bagus untuk reformasi teknologi kesehatan termasuk bioteknologi. Ia juga percaya bahwa East Ventures dapat berperan dan membantu Indonesia untuk membuat era baru dalam sistem kesehatan. 

Sebagian besar penduduk Indonesia yang saat ini berusia muda, diperkirakan akan menua dengan cepat dan berpotensi dalam membebani infrastruktur kesehatan. Untuk mengurangi potensi tersebut, genomik dapat menjadi alternatif untuk memberikan perawatan preventif dan solusi pengobatan yang tepat. 

Dengan penerapannya dalam bidang kedokteran dan bioteknologi, genomik dapat mengarah pada berbagai perawatan, terapi, produk, dan teknologi baru. Hal juga ini berpotensi dalam menghadirkan transformasi ekosistem perawatan kesehatan. 

Indonesia baru saja memulai perjalanan genomiknya dan hal ini berpotensi membuka manfaat ekonomi yang bernilai US$ 100+ miliar. Pemerintah Indonesia telah menetapkan tujuan studi genomiknya yang sejalan dengan kebutuhan perawatan kesehatannya. 

Salah satu kemajuan yang telah dicapai adalah dengan mendirikan badan nasional Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) pada Agustus 2022 dan ini didukung oleh East Ventures sebagai salah satu donatur. 

“Kami senang dapat terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  dalam menghadirkan white paper ini. Populasi yang sehat adalah salah satu aset bangsa yang paling penting dan kami berkomitmen untuk berperan secara aktif dalam mendukung pengembangan perjalanan kesehatan Indonesia. Kami berharap white paper ini memberikan wawasan yang diperlukan untuk mendukung perjalanan genomik di Indonesia,” kata Willson Cuaca selaku Co-Founder dan Managing Partner East Ventures. 

Sejak awal, East Ventures yakin akan potensi teknologi genomik dalam merevolusi sistem dan infrastruktur kesehatan Indonesia. Pada saat investasi terkait genomik masih relatif baru, East Ventures telah menunjukkan kepercayaannya di sektor ini sejak 2018 melalui perusahaan portofionya, startup yang berfokus pada genome sequencing seperti Nalagenetics dan Nusantics. East Ventures juga yakin bahwa teknologi ini akan berperan penting dalam dunia kesehatan yanh ada di Indonesia. 

White paper “Genomics: Leapfrogging into the Indonesian health future” dapat diunduh secara gratis melalui www.east.vc/genomics  

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap kemajuan kesehatan Indonesia, East Ventures juga mengumumkan dukungannya dalam program inkubasi bagi para startup dan inovator di bidang kesehatan oleh Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, yang diberi nama “Health Innovation Sprint Accelerator 2023 in collaboration with East Ventures”. Program ini bertujuan untuk memajukan kualitas kesehatan melalui inovasi di bidang healthtech dan biotech di Indonesia. 

Aplikasi akan mulai dibuka pada 23 Februari 2023. Informasi lebih lanjut tentang Health Innovation Sprint Accelerator 2023 in collaboration with East Ventures dapat diakses melalui https://east.vc/id/sprintacc-2023/. (RVZ/FAN)