Punya Segudang Manfaat, Intip Serba-serbi Cakra Yoga

MUS • Thursday, 16 Feb 2023 - 14:51 WIB

Jakarta - Memiliki tubuh sehat dengan jiwa yang tentram menjadi kunci utama dalam memperpanjang usia. Hal ini dipertegas oleh riset Harvard T.H Chan School of Public Health (2020) yang menyebutkan, tubuh sehat mempengaruhi harapan hidup yang lebih lama.

Melihat pentingnya hidup sehat, Beyond Yoga Indonesia sebagai komunitas praktisi yoga di Jakarta berinisatif mengadakan acara Cakra Yoga. Kegiatan ini dilakukan selama empat jam dan dipandu oleh Putu Dwijendra selaku instruktur yoga dari Udana Yoga Academy Bali. 

Putu menjelaskan, cakra yoga melibatkan tujuh titik tubuh yang saling berkesinambungan. Ketujuh titik itu yakni di tulang ekor, tulang pelvis, pusar, dada, tenggorokan, diantara dua alis, dan di mahkota kepala. Ketujuh cakra tersebut memiliki fungsi masing-masing yang membantu manusia untuk bugar dan terhubung dengan semesta.

"Cakra ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi hanya bisa dirasa. Karena dia (cakra) tidak berbentuk fisik, bahkan diraba pun tidak bisa. Jadi hanya bisa dirasakan," ujar Putu seusai memandu sesi Cakra Yoga di kawasan Menteng, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dia menambahkan, ketujuh cakra tersebut dapat terbuka asal rutin melakukan yoga. Dalam menjalankan olahraga tersebut, perlahan nantinya masing-masing cakra akan seimbang dan energi tubuh mulai terpancar. 

“Untuk membuka seluruh cakra, dapat dilakukan dengan rutin yoga. Nantinya dia akan berimbang, jadi tidak bisa hanya satu cakra saja yang dibuka. Misal kalau cakra Manipura (bagian pusar) berat, hasilnya kita akan mudah marah,” tambahnya.

Dalam gerakannya, cakra akan diperkuat dengan latihan pernapasan, meditasi, dan pikiran positif. Jika rutin dilakukan, sambung Putu, cakra dapat membantu manusia untuk merespon hal-hal positif.

Itu sebabnya cakra perlu diaktifkan agar terhubung dengan semesta dan selaras dengan proses evolusi semesta. Jika tidak selaras, terangnya, hidup seseorang akan berbenturan karena berbagai persoalan.

“Semua orang mempunyai cakra dan sebaiknya ketujuh cakra tersebut diaktifkan secara menyeluruh dan terintegrasi. Makanya tugas kita adalah mengaktifkan cakra tersebut agar dapat terhubung dengan semesta,” pungkasnya.

Senada, pengelola komunitas Beyond Yoga Indonesia Lanny Jauhari menambahkan, antusias masyarakat terhadap cakra yoga diharapkan dapat lebih tinggi. Ia menilai olahraga ini mengandung banyak manfaat bagi keseimbangan tubuh karena cakra sebagai energi halus yang membantu organ, tubuh, pikiran, mental, dan kecerdasan manusia bekerja pada tingkat terbaik.

“Semoga jenis cakra yoga ini peminatnya lebih banyak dan bisa diterima oleh masyarakat. Kalau dilihat jenis yoga itu kan banyak, jadi dengan kita mengadakan cakra yoga ini masyarakat bisa lebih memahami tentang berbagai jenis yoga yang ada,” kata Lanny.

Tentang Beyond Yoga Indonesia

Beyond Yoga Indonesia adalah sebuah komunitas praktisi yoga yang telah menyelesaikan pelatihan selama 200 jam dan terverifikasi Yoga Alliance International. Beyond Yoga Indonesia juga aktif bekerja sama dengan Udana Yoga Academy Bali dalam mengembangkan minat masyarakat Indonesia khususnya Jakarta terhadap olahraga yoga.