Presiden Jokowi: Dunia Pers Indonesia Sedang Tidak Baik-baik Saja

MUS • Thursday, 9 Feb 2023 - 12:11 WIB

Medan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan saat ini dunia pers tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja. Menurutnya isu utama insan pers telah bergeser ke isu lain.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023 di Provinsi Sumatra Utara (Sumut) pada hari ini, Kamis, 9 Februari 2023.

"Pada hari peringatan hari pers Nasional sekarang ini saya ingin mengatakan bahwa dunia pers tidak sedang baik-baik saja. Saya ulang, dunia pers tidak sedang baik-baik saja," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (9/2/2023).

Dulu, kata Jokowi, isu utama dunia pers adalah kebebasan pers. Namun, sekarang isu utama telah bergeser.

"Apakah isu utamanya tetap sama? Menurut saya sudah bergeser karena kurang bebas apalagi kita sekarang ini, pers sekarang ini mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, masalah utama insan pers saat ini membuat pemberitaan yang bertanggung jawab. Sebab, banyaknya berita di media sosial yang tersebar, tapi tidak memiliki kantor redaksi seperti media konvensional.

"Karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya termasuk platform-platform dan umumnya tidak beredaksi atau dikendalikan oleh AI," ujarnya.

Lebih lanjut menurut Jokowi bahwa algoritma raksasa digital saat ini cenderung mementingkan sisi komersial. Dan hanya mendorong konten-konten recehan yang sensasional.

"Sekarang ini banyak sekali dan mengorbankan kualitas isi dan jurnalisme otentik, ini yang kita akan semakin kehilangan," ungkapnya.

"Hal semacam ini tidak boleh mendominasi kehidupan masyarakat kita, media konvensional yang beredaksi semakin terdesak dalam peta pemberitaan," tegasnya.