Wakaf UMKM Berdaya OK OCE: Pendampingan Hal Penting Bagi Usaha

MUS • Thursday, 9 Feb 2023 - 10:16 WIB

Jakarta - Wakaf UMKM Berdaya (WUB) adalah salah satu program master piece OK OCE Kemanusiaan berbasis dana wakaf, dengan konsep pendampingan rutin kelompok selama 3 bulan dan penyaluran tambahan modal usaha kepada 10 orang UMKM berskala ultra mikro.

Pembina OK OCE Kemanusiaan yang juga Bendahara Umum OK OCE, Farid Rifai berharap Wakaf UMKM Berdaya dapat menjadi pondasi bagi kewirausahaan yang berkelanjutan. 

"Harapan hal ini bisa menjadi pondasi berwirausaha untuk kedepannya. Wirausaha tantangan adalah keistiqomaahan, maka pondasinya adalah konsisten dan niat. Ini tujuannya kamielakukan pendampingan UMKM berdaya," jelas Farid. 

Wakaf UMKM Berdaya merupakan bagian dari program OK OCE Kemanusiaan yang bersumber dari dana wakaf tunai untuk UMKM. Karenanya pokok dari dana wakaf ini harus kembali utuh namun bisa diproduktifkan untuk meningkatkan kapasitas usaha penerima manfaat program. 

Selain modal, hal yang tak kalah penting untuk mengembangkan usaha adalah pendampingan. 

Indra Uno, Founder OK OCE, mengatakan, “Dalam Pelatihan yang baik akan terdapat pendampingan. Setiap pelatihan atau praktek yang tidak didampingi akan tercipta aktivitas pengelolaan yang tidak konsisten, maka diperlukan mentor yang baik di uomunitas masing-masing," ungkapnya. 

Sementara itu, 10 orang yang menjadi penerima manfaat Program WUB adalah ibu-ibu yang menjadi tulang punggung keluarga dan hampir rata-rata membuka usahanya di masa pandemi, ketika suami mereka di PHK dari pekerjaannya.  Ada pula yang ingin membantu ekonomi keluarga saat usaha yang dilakukan suaminya tidak seramai sebelum pandemi. 

Para penerima manfaat dari Wakaf UMKM Berdaya mengakui banyak sekali manfaat yang mereka terima. Mulai dari segi pemahaman dalam usaha, model kepemimpinan, hingga model manajemen keuangan.

Adapun kategori usaha yang dijalankan oleh penerima manfaat antara lain kuliner, fashion dan craft atau kerajinan tangan.

Dana wakaf yang digulirkan akan jauh lebih besar lagi sesuai dengan besarnya usaha yang saat ini tengah diperjuangkan, dan jumlah dana wakaf yang diamanahkan kepada OK OCE  Kemanusiaan. Hal ini menjadi fokus dari Gerakan Sosial OK OCE  untuk bergerak menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya berbasis wirausaha.