Sido Muncul Gelar Lagi Operasi Katarak Gratis di Cirebon

MUS • Wednesday, 8 Feb 2023 - 18:59 WIB

Cirebon – Di awal 2023 PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBK kembali memberikan pelayanan kesehatan melalui bantuan sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Cirebon dan sekitarnya. 

Bersama SPBK Perdami Pusat, Sido Muncul menggelar operasi gratis untuk 200 pasien penderita katarak di RS Permata Cirebon.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Direktur Utama RS Permata Cirebon dr Reiza Nandhika, disaksikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dr Diding Sarifudin, jajaran direksi Rumah Sakit dan  dr Dyana Theresia Watania selaku kordinator data SPBK Perdami Pusat. 

“Kami terakhir kali melakukan baksos operasi katarak di RS Bhyangkara TK II Sartika Asih Bandung pada Desember tahun lalu. Mengawali 2023 kali ini bersama SPBK Perdami Pusat, ada 200 pasien yang mengikuti operasi katarak gratis. Kami menyambut baik kerja sama dengan SPBK Perdami Pusat dan juga RS Permata Cirebon. Harapan kami, bisa membantu para penderita katarak untuk beraktivitas kembali,” ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Rabu (8/2).

Irwan menambahkan, pelaksanaan Operasi Katarak Gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan. 

Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 55.000 mata di seluruh Indonesia. 

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil, karena orang itu kalau kehilangan penglihatannya, 50% kualitas hidupnya akan hilang. Apalagi masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya. Untuk itu, kehadiran kami di sini bukan hanya untuk membantu saja, melainkan juga memberikan informasi bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi,” tutur  Irwan.

Selain Operasi Katarak Gratis, Sido Muncul juga terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan memberikan operasi bibir sumbing gratis di berbagai wilayah di Indonesia. (APb)