Taufik Basari Apresiasi Polisi Cabut Status Tersangka Mahasiswa UI Hasya yang Tewas Ditabrak Pensiunan Polri

AKM • Tuesday, 7 Feb 2023 - 19:35 WIB

Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Taufik Basari mengapresiasi Kapolda Metro Jaya yang akhirnya mencabut status tersangka M Hasya Attalah Syaputra (18), mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tewas dalam kecelakaan di Srengseng Sawah, Jaksel, pada Oktober 2022 lalu.

Taufik juga mengungkapkan langkah polisi yang mau mengakui adanya ketidakaesuaian prosedur dan bersedia meminta maaf menunjukkan sikap ksatria dan itikad baik untuk memperbaiki keadaan.

"Saya menyambut positif hal ini dan mengapresiasi Kapolda Metro Jaya atas dicabutnya status tersangka almarhum Hasya. Terlebih polisi juga sudah menyatakan maaf dan mengakui ada ketidaksesuaian prosedur," ungkap Taufik, kepada Media, Selasa (7/2).

Taufik berharap, sikap yang mau mengakui adanya kekeliruan ini patut menjadi contoh kemauan memperbaiki diri dan menjadi pembenahan di tubuh Polri untuk dapat memulihkan kepercayaan publik. Keputusan ini juga menurut Taufik juga menjadi bagian upaya Polda Metro Jaya merespon masukan masyarakat. 

Selain itu Taufik Basari juga menghargai sikap pihak keluarga almarhum Hasya Attalah yang sudah merespons postitif permintaan maaf dari Polda Metro Jaya serta akan memulihkan nama Hasya, pasca dicabutnya status tersangka almarhum. 

"Semoga keluarga mendapatkan harapan akan keadilan, karena hukum bukan sekedar kata-kata tanpa makna tapi hukum harus mampu memberikan keadilan dan kepastian hukum," tutup Taufik.