Perluas Kesempatan Magang, Unpas Gandeng MNC Multimedia Network

MUS • Friday, 3 Feb 2023 - 14:43 WIB

Bandung - Untuk memperluas kesempatan belajar di luar prodi, Universitas Pasundan menggandeng MNC Multimedia Network yang ditandai dengan penandatanganan MoU terkait Program Magang dan MBKM.

MoU ditandatangani langsung oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Eddy Jusuf, dan Direktur MNC Multimedia Network Ruffa M. Roque di Ruang Rapat Rektorat, Kampus Tamansari, Jumat (3/2/2023).

Rektor mengatakan, sejak 2013 Unpas sudah menjalin hubungan baik dengan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang saat itu hadir ke Kampus Setiabudi untuk mengisi kuliah umum tentang entrepreneurship. 

Rektor juga menantikan realisasi kerja sama dengan MNC Multimedia Network, terlebih Unpas tengah memantapkan diri menuju universitas generasi ke-4.

Hal tersebut, kata Rektor, bisa diperkuat melalui perjanjian kerja sama dengan fakultas atau prodi yang relevan. “Kita harus melibatkan fakultas atau prodi yang kompetensinya sejalan dengan program yang ditawarkan MNC Multimedia Network, sehingga kegiatan bisa segera terealisasi,” ujarnya.

Respons Perkembangan Digital

Unpas berupaya merespons perkembangan digital dan kebutuhan industri dengan memperbanyak kerja sama, baik dengan perusahaan teknologi, startup, media massa, dan lain-lain.

Upaya Unpas turut diapresiasi oleh Direktur MNC Multimedia Network Ruffa M. Roque. Untuk itu, ia memberi kesempatan kepada mahasiswa Unpas untuk magang dan mencari pengalaman di MNC Multimedia Network.

Ia menuturkan, sebagai media massa, MNC Multimedia Network selalu mendukung program peningkatan SDM kampus. Jika program sudah berjalan, pihaknya akan menempatkan mahasiswa Unpas pada posisi yang sesuai dengan tren pekerjaan masa kini.

“Meski kami lebih fokus di radio (MNC Radio Network), tapi perkembangan digital mengharuskan kami untuk bertransformasi dan beradaptasi. Mahasiswa Unpas yang ingin magang bisa menjadi Content Creator, Content Writer, Social Media Specialist, dan sebagainya,” terangnya.

MNC Radio Network membawahi empat radio, yaitu MNC Trijaya FM, RDI FM, Global Radio Jakarta, dan V Radio. Dua di antaranya berlokasi di Bandung dan dapat dimanfaatkan mahasiswa Unpas sebagai wahana magang.

Sementara itu, Station Manager MNC Trijaya FM Bandung Aldyan Norman menyampaikan, beberapa tahun terakhir banyak mahasiswa Unpas yang magang di MNC Radio Network.

“Mahasiswa Unpas kami gembleng ke lapangan agar memahami teknik wawancara dan menulis yang baik, sekaligus memperkuat mental. Ke depan, kita siap untuk transfer ilmu, apalagi Unpas sudah memiliki fasilitas pendukung yang lengkap,” tandasnya.