Update Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Ditemukan Fakta Mobil Purnawirawan Polri ESB Ganti Warna

FFA • Friday, 3 Feb 2023 - 10:07 WIB

Jakarta - Polda Metro Jaya akan menggelar rekonstruksi kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Atallah(MHA), Kamis (2/2/2023). Namun, Keluarga tidak menghadiri karena menilai rekonstruksi ulang tersebut maladimistrasi karena mengacu pada laporan polisi yang telah dihentikan (SP3).

"Kami menganggap rekonstruksi tersebut maladministrasi karena mengacu pada laporan 585/X/2022 tanggal 7 Oktober 2022 yang sudah diberhentikan dengan SP3 tertanggal 13 Januari 2023. Dengan adanya pemberhentian tentunya menurut kami tidak jelas rujukan dasar hukum rekonstruksi ulang," kata kuasa hukum keluarga M Hasya, Rian Hidayat, Dalam wawancara Trijaya Hot Topic Pagi, Jum'at (03/02/2023)

Selain itu, Hidayat mempertanyakan mobil Pajero yang dikemudikan Purnawirawan Polri Ajun Komisaris Besar Eko Setia Budi (ESB), yang telah berubah warna. 

"Kami menanyakan mengapa mobil terduga pelaku pada saat rekonstruksi warnanya berbeda dengan saat kejadian?" katanya.

Berdasarkan CCTV di lokasi kejadian, sebelumnya mobil Pajero bernopol B-2447-RFS berwarna hitam. Namun, saat rekonstruksi yang digelar Kamis (2/2/2023) siang, mobil tersebut sudah berubah warna menjadi putih.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman membenarkan Eko mengubah cat mobilnya. Hal itu dilakukan setelah penyidikan kasus kecelakaan tersebut dihentikan.

"Itu karena kemarin sudah SP3, kendaraan ini (warnanya) dikembalikan. Nanti motor juga akan kita kembalikan," kata Latif di lokasi.

Latif mengatakan Eko mengambil kendaraannya setelah kasus dinyatakan dihentikan (SP3). Pun halnya stiker di mobil dilepas setelah kasus dinyatakan selesai.

"Sehingga kemarin sudah diambil pemiliknya (ESB), itu (stiker) dilepas. Tapi nomor pelat sama semua, cuma warna saja," imbuhnya (NPDH)