Sukseskan Reformasi Rumah Sakit, Menkes Tiru Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung

MUS • Friday, 3 Feb 2023 - 06:34 WIB

Tulungagung - Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin bertolak ke Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tulungagung, Kamis (2/2). Kunjungan ini untuk melihat secara langsung pelayanan kesehatan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Iskak.  

“Tujuan saya kesini untuk melihat RSUD dr. Iskak Tulungagung, karena saya dengar prestasinya sudah banyak, pelayanan ke masyarakatnya baik, teknologi informasinya juga baik, jadi saya mau lihat sendiri,” kata Menkes. 

Seperti diketahui, RSUD dr. Iskak merupakan RS tipe B milik pemerintah Kabupaten Tulungagung sekaligus rujukan di Provinsi Jawa Timur yang berhasil menorehkan berbagai prestasi gemilang baik tingkat nasional maupun internasional. 

Ini berkat berbagai inovasi layanan kesehatan yang dilakukan sejak tahun 2015 dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan prima bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Tulungagung tanpa membedakan latar belakang pasien. Semua pasien, baik pasien umum, pasien BPJS maupun pasien dengan asuransi tertentu memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan kesehatan yang cepat dan tepat. 

Beberapa layanan unggulan diantaranya Public Service Center (PSC 199), Si Poetri (Sistem pendaftaran online tanpa antre), Laskar (Layanan Syndroma Koronaria Akut Terintegrasi). Seluruh layanan tersebut saling terintegrasi satu sama lain, sehingga pelayanan dapat dilakukan dalam waktu cepat. 

Menkes menilai keberhasilan RSUD dr. Iskak dalam melakukan inovasi pelayanan kesehatan, tidak terlepas dari sistem manajemen rumah sakit yang baik, sehingga mampu melahirkan berbagai layanan kesehatan yang efektif dan efisien kepada pasien sekaligus mampu menciptakan kenyamanan internal bagi seluruh tenaga kesehatan maupun tenaga pendukung kesehatan. Salah satunya sistem remunerasi yang adil dan transparan. 

“Ini daerah yang jauh, tapi ternyata maju, sampai manajemen rumah sakitnya, dan terintegrasi,” ujar Menkes. 

Atas capaian tersebut, Menkes secara khusus memuji tata kelola dan inovasi pelayanan kesehatan yang diterapkan di RSUD dr. Iskak Tulungagung yang dinilai mampu memberikan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat di Tulungagung. 

Inovasi ini, lanjut Menkes, selaras dengan agenda transformasi kesehatan yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan, utamanya pada pilar kedua transformasi layanan rujukan. Karenanya ia pun berencana untuk mereplikasi praktik baik ini menjadi program nasional. 

“Betul, makanya saya tadi bicara ke Pak Dirut, boleh dicontek atau tidak sistemnya. Kemarin kita stunting dari Sumedang kita juga bawa ke Bapak Presiden. Kalau ini rumah sakit, saya rasa salah satu yang terbaik, kan bagus kalau ada inovasi-inovasi lokal, karena itu terbukti sudah jalan,” terang Menkes. 

Sementara itu, Direktur Utama RSUD dr. Iskak, Supriyanto Dharmoredjo menyambut baik sekaligus mendukung rencana Menkes tersebut. Perihal langkah yang dilakukan, ia mengungkapkan kunci untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima adalah sinergi, integrasi dan kolaborasi yang baik sekaligus kesamaan tujuan antar pemangku kepentingan di daerah masing-masing.