Lantik PPLN Tokyo, ini Pesan Wakil Dubes RI di Jepang

MUS • Thursday, 2 Feb 2023 - 22:29 WIB

Tokyo - Wakil Duta Besar selaku Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo John Tjahjanto Boestami, melantik dan mengambil sumpah anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang akan bertugas mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah akreditasi KBRI Tokyo, Kamis 2 Februari 2023. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 54 Tahun 2023 tentang Penetapan dan Pengangkatan anggota PPLN Tokyo untuk Pemilu 2024. 

Pengambilan sumpah Anggota PPLN Tokyo sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin langsung oleh KUAI KBRI Tokyo John Tjahjanto Boestami.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya: Apakah Saudara bersedia diambil sumpah sesuai dengan Agama dan kepercayaan masing-masing,” tanya KUAI KBRI Tokyo John Boestami. “Bersedia,” jawab seluruh Anggota PPLN Tokyo. 

Setelah itu sumpah dan janji dilontarkan KUAI KBRI Tokyo John Boestami dan diikuti seluruh anggota PPLN Tokyo. 

Acara kemudian berlanjut dengan penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji, dikuti dengan pembacaan Pakta Integritas. 

Kepada Anggota PPLN Tokyo, KUAI KBRI Tokyo John Boestami berpesan, agar seluruh anggota PPLN siap berkomitmen dan mengawal proses Pemilu 2024 dapat berlangsung jujur, adil, damai dan berintegritas.

“Terima kasih kepada teman-teman untuk kesediannya menjadi bagian penting dari pesta demokrasi 5 tahunan Republik Indonesia. Mari kita berkomitmen untuk mengawal proses Pemilu 2024 di Jepang dapat berlangsung dengan jujur, adil, damai dan berintegritas. Sekali lagi terima kasih dan selamat bekerja!” pesan KUAI KBRI Tokyo John Boestami.

Kepada WNI yang bermukim di Jepang, KUAI KBRI Tokyo John Boestami juga berpesan agar tetap menjaga suasana kondusif dalam Pemilu 2024 nanti. 

“Memilih adalah hak, menghimpun komunitas pendukung peserta pemilu juga sebuah kebebasan. Jaga suasana damai agar menjadi tanggung jawab bersama. Tidak menyebar fitnah, tidak menyebar ujaran kebencian dan kedepankan kerukunan antar WNI di Jepang. Selamat Memilih untuk Indonesia,” tegas KUAI KBRI Tokyo John Boestami.

Hadir secara luring dalam acara ini Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Ali Sucipto serta sejumlah pejabat KBRI Tokyo dan perwakilan dari Anggota PPLN, Leska Tariyani. Sementara itu 6 anggota PPLN lainnya hadir secara hybrid.

KPU membuka pendaftaran PPLN pada 16 hingga 20 Januari 2023 bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Penelitian administrasi dari masyarakat yang mendaftar calon Anggota PPLN dilakukan pada 17-21 Januari 2023 oleh masing-masing Perwakilan RI. Pengumuman hasil penelitian administrasi berlangsung pada 22-23 Januari 2023.

Setelah lolos administrasi, setiap perwakilan meminta masukan dari masyarakat sebelum dilakukan wawancara pada 22-24 Januari 2023. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi pada 26-27 Januari 2023. Perwakilan kemudian menyampaikan hasil seleksi kepada KPU melalui Kementerian Luar Negeri. 

Adapun Anggota PPLN Tokyo adalah: 

1. Arvin Patria Mudranta Putra (Shizuoka)

2. Dina Faoziah (Tokyo)

3. Ivan Kurniawan (Ibaraki)

4. Leska Tariyani (Tokyo)

5. Makmur Lubis (Kanagawa)

6. Rachmad Adi Riyanto (Aichi)

7. Yohannes Keioranto (Kanagawa)

Pemilihan Ketua PPLN akan dilakukan dan ditentukan dengan sistem musyawarah oleh para anggota terpilih.