Pembajakan Kereta di Terowongan Bawah Laut dalam SAS: Red Notice

MUS • Thursday, 2 Feb 2023 - 17:44 WIB

Genre: Action
Sutradara: Magnus Martens
Pemeran: Sam Heughan, Ruby Rose, Andy Serkis, Hannah John-Kamen
Durasi: 2 jam
Segera tayang di Cinema XXI

Kurang dari satu persen populasi adalah psikopat. Psikopat biasanya mewarisi ciri-ciri. Tidak mampu mencintai. Psikopat bisa belajar untuk mencintai. Atau bahkan lebih. 

Narasi tersebut menjadi pembuka action Inggris "SAS: Red Notice". SAS atau Special Air Service adalah pasukan khusus Angkatan Darat Britania Raya. 

Red notice merupakan permintaan untuk penegak hukum seluruh dunia dalam membantu mencari dan menangkap pelaku kriminal. Dalam "SAS: Red Notice", pemburuan dialamatkan kepada prajurit swasta bernama Black Swan. 

Dipimpin Grace Lewis (Ruby Rose), mereka membajak kereta ekspres rute London - Paris di Channel Tunnel, terowongan bawah laut tepatnya 75 meter di bawah permukaan laut, di lokasi terdalamnya. 

Ratusan penumpang di sejumlah gerbong tersandera dan terancam bahaya dalam pembajakan tersebut. Upaya evakuasi harus dilakukan pasukan terampil berani mati, demi melumpuhkan niat jahat teroris.

Grace ingin membalas dendam atas sisi kelam pemerintah, yang juga terkait tindak kekerasan dalam pembebasan lahan untuk pembangunan proyek gas.

Salah satu pasukan SAS, Tom Buckingham (Sam Heughan), kebetulan menumpang kereta yang dibajak. Dia berniat melamar kekasihnya dr. Sophie Hart di Paris. Tidak bersenjata dan terputus dari tim kontra-terornya, Tom adalah satu-satunya harapan bagi Sophie dan penumpang lainnya untuk bebas dalam keadaan selamat. 

Berdasarkan novel laris karya mantan anggota SAS Andy McNab, SAS: Red Notice adalah gambaran provokatif dan otentik dari operasi tanggap darurat dan pola pikir tunggal yang dibutuhkan Tom, untuk bertahan hidup. 

Sepanjang film, kita diajak berempati dengan upaya penyelamatan Tom dan Sophie, di antara deru tembak menembak dan adu ledakan mematikan. Ruwetnya kebijakan publik terkait ekonomi dan politik juga tergambar samar, dengan sentuhan pesan tentang pentingnya keadilan energi khususnya pasokan gas alam.

Selain itu, siapa sebenarnya psikopat seperti disampaikan di awal "SAS: Red Notice"? (*)