Wajah Baru Layanan Imigrasi Kemenhumkam

ANN • Wednesday, 1 Feb 2023 - 09:42 WIB

Jakarta - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kini memiliki Direktur Jenderal (Dirjen) baru, yaitu Silmy Karim. 

Silmy ditunjuk sebagai Dirjen berdasarkan ketetapan yang tertuang dalam Keputusan Presiden No.165/TPA tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. 

Silmy mengatakan, bahwa pada awalnya dirinya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo. Walaupun diminta oleh Presiden, tetapi Silmy tetap menjalankan sesuai prosedur yang berlaku.

Setelah menjabat sebagai dirjen imigrasi, Silmy difokuskan terhadap pelayanan cepat dan bersih, menunjang digitalisasi, review struktur organisasi, serta golden visa.

Golden Visa merupakan visa khusus untuk menunjang perekonomian investor, spesial talent, dsb. 

Meski baru menjabat sebagai Dirjen Imigrasi, tetapi tiga minggu kepemimpinannya Silmy mengatakan sudah bisa beradaptasi dengan lingkungannya. 

"Misalnya minggu lalu kita meluncurkan perpanjangan electronic visa on arrival melalui online, kita juga kunjungan wisata 60 hari, visa pra investasi selama 180 hari dan itu semua melalui online," ujar Silmy di program Trijaya Hot Topik Petang "Wajah Baru Layanan Imigrasi Kemenkumham" Selasa (31/01/31). 

Silmy menambahkan, ada beberapa aspek yang harus di inovasi dari yang sudah ada. 

"Auto gate yang ada harus bisa digunakan seluruhnya dan cepat membaca paspor, perpanjangan KITAS yang mampu dilakukan dalam waktu satu hari," tutupnya. (SHF)