Terra Drone Mendapatkan Dana Sebesar $14 juta dari Wa'ed Ventures Saudi Aramco

ITK • Wednesday, 25 Jan 2023 - 10:05 WIB
Terra Drone

Jakarta - Terra Drone Corporation, pemasok teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM), telah mengumpulkan dana sebesar $14 juta dari Wa'ed Ventures, bagian modal ventura dari produsen minyak terbesar di dunia, Saudi Aramco. Dengan pendanaan ini, Terra Drone akan mendirikan anak perusahaan baru di Kerajaan Arab Saudi, Terra Drone Arabia, sesuai dengan "Visi 2030" pemerintah Saudi.

Terra Drone adalah startup Asia pertama yang mendapatkan dana dari Wa'ed Ventures, bagian modal ventura dari perusahaan minyak dan gas raksasa dan perusahaan kedua terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar Aramco. Terra Drone akan membuat entitas anak perusahaan baru untuk operasinya di Arab Saudi untuk melakukan survei drone, inspeksi dan pengelolaan lalu lintas tanpa awak atau unmanned traffic management (UTM) di berbagai proyek di Arab Saudi
 
Diumumkan pertama kali di tahun 2016, Visi 2030 bertujuan untuk mendorong transformasi ekonomi di Arab Saudi dengan mengurangi ketergantungan negara tersebut pada hidrokarbon. Teknologi adalah inti dari inisiatif ini, dan pemerintah Saudi fokus pada upaya untuk mempromosikan penggunaan drone dalam layanan seperti inspeksi aset.
 
Wa'ed Ventures dibentuk pada tahun 2013 khusus untuk meningkatkan inovasi berbasis teknologi di Arab Saudi dengan berinvestasi pada startup yang menjadi juara nasional dan mengisi celah kritis dalam ekonomi Saudi. Ini adalah kali pertama Wa'ed Ventures berinvestasi pada startup Asia, yang menandakan visi Terra Drone, solusi digital state-of-the-art, dan teknologi drone cutting-edge. Terra Drone akan mendukung anak perusahaan baru ini dengan mengambil keunggulan dari seluruh pengalaman bisnis Terra Drone di Asia Tenggara dan Eropa, sebagai penyedia solusi drone teratas di dunia dalam bidang survei, inspeksi, dan UTM.
 
Dengan pembentukan Terra Drone Arabia, perusahaan berharap dapat menciptakan kesempatan kerja baru di Saudi Arabia sembari mempercepat perkembangan industri drone di Timur Tengah. Terra drone akan menyediakan layanan inspeksi minyak-gas, dimana anak perusahaan ini juga akan membantu Terra Drone, yang terhitung sebagai dua penyedia layanan drone teratas di dunia, untuk lebih meluaskan ekspansinya secara global. Saat ini, Terra Drone menyediakan solusi drone dan UAM di 10 negara di seluruh dunia.
 
Unifly adalah penyedia teknologi UTM terkemuka di dunia, dengan kehadiran yang kuat di Eropa dan Amerika Utara. Terra Drone adalah pemegang saham terbesar dari Unifly.
 
Anak perusahaan Terra Drone Arabia akan lebih mempromosikan inspeksi drone untuk mendukung ekonomi Saudi, memastikan UAM yang aman dan efisien di negara tersebut, dan berinvestasi dalam pertumbuhan kedua perusahaan tersebut.
 
Fahad Alidi, Managing Director di Wa'ed Ventures, mengatakan: "Didukung oleh rekam jejak global Terra Drone, investasi kami menunjukkan komitmen kami untuk membangun ekosistem UAM di Kerajaan Arab Saudi, yang berpusat pada perekonomian yang berkelanjutan. Kami melihat adopsi yang cepat untuk teknologi UAM sebagai vertikal teknologi yang sedang berkembang di wilayah ini, dan Terra Drone sangat cocok untuk mengadaptasi inovasinya di seluruh wilayah, mulai dari Kerajaan Arab Saudi."
 
Toru Tokushige, pendiri dan CEO dari Terra Drone Corporation, menambahkan, "Terra Drone sudah berbisnis sejak 2016, saat era drone dimulai, dengan misi untuk mengembangkan dunia dari udara. Enam tahun kemudian, kami mendekat ke masa depan di mana drone dan kendaraan udara tidak lagi menjadi hal baru. Kami telah membangun rekam jejak yang kokoh baik secara domestik maupun internasional sampai saat ini, dan telah tumbuh menjadi penyedia layanan drone terkemuka di dunia. Investasi Saudi Aramco di Terra Drone melalui anak perusahaannya Wa'ed Ventures adalah contoh lain dari pengakuan global atas pencapaian kami, yang meningkatkan harapan bagi tim kami saat kami terus mendorong dan memimpin Terra Drone ke garis depan jalur inovasi global."
 
Tentang Terra Drone
Terra Drone adalah perusahaan teknologi drone dan Urban Air Mobility (UAM) terkemuka yang didirikan pada tahun 2016 dengan misi "mengembangkan dunia dari langit". Solusi survey dan inspeksi drone asli dan dilindungi hak paten kami digunakan oleh industri minyak dan gas, kimia, dan konstruksi di Jepang dan luar negeri. Sistem kami untuk manajemen lalu lintas tanpa awak (UTM) dan UAM yang efisien juga telah diperkenalkan di delapan negara di seluruh dunia. Kami telah dinobatkan sebagai nomor 2 di dunia dalam "Peringkat penyedia layanan drone komersial teratas 2022" oleh Drone Industry Insights, sebuah organisasi riset pasar drone global. (*)