Temui Bahlil di Davos, Tony Blair Diskusi Soal Investasi IKN 

MUS • Friday, 20 Jan 2023 - 16:05 WIB

Davos - Sejumlah tokoh bisnis dan politik dunia hadir di Paviliun Indonesia di Davos, Swiss. Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair bertemu dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahaidalia, untuk berdiskusi tentang propek investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara (18/1).

Dalam pertemuan itu, Tony Blair sepakat dengan Menteri Investasi tentang pentingnya kolaborasi antara pemerintah dengan swasta dan Investor. 

Nama Tony Blair kerap muncul dalam berbagai pertemuan membahas tentang IKN Nusantara. Menteri Investasi Bahlil menyampaikan, kolaborasi dengan Blair memungkinan Indonesia punya akses jaringan investor yang lebih luas lagi

“Dengan Tony Blair, kita tidak hanya fokus untuk mendapatkan akses investasi dari Inggris saja, tapi juga dari jaringan dia yang luas secara global," kata Bahlil. 

Bahlil menyampaikan bahwa meskipun kondisi perekonomian global tidak menyenangkan, perekonomian Indonesia tetap baik dan realisasi investasi tahun 2022 bisa tercapai sesuai target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Minat investasi asing untuk pembangunan IKN saat ini menunjukkan sinyal yang positif dari berbagai negara, namun mengingat area IKN yang cukup luas, dibutuhkan kerja sama secara terus menerus.

“Saya membuat formula promosi investasi dan hilirisasi investasi selama di pemerintahan ini memang di luar kelaziman supaya mudah dieksekusi. Dan lebih banyak kita selesaikan di warung kopi daripada di kantor Kementerian Investasi. Apalagi, investasi di IKN ini belum sebaik di sektor manufaktur karena karena IRR (Internal Rate of Return)-nya pasti manufaktur lebih baik. Oleh karena itu, saya perlu kolaborasi dengan pihak lain seperti Pak Tony ini yang sudah berpengalaman," jelas Bahlil. 

Tony Blair menanggapi hal tersebut dengan menyatakan komitmennya dalam mendukung terwujudnya IKN. Ketertarikan investor terhadap IKN juga diharapkan bisa terus berlanjut dan Tony siap untuk memberikan dukungannya sampai dengan terrealisasi.

“Jadi memang minat investor untuk masuk ke Indonesia ini sangat besar Pak. Hal itu tidak terlepas dari peran besar Pak Menteri untuk mendatang para investor ke Indonesia dengan sinyal positif,” ungkap Tony. 

Pembahasan tentang investasi di IKN Nusantara adalah salah satu fokus yang dibawa Indonesia di Paviliun Nusantara yang meramaikan gelaran World Economic Forum 2023 di Davos.

Dalam sejumlah pertemuan tatap muka sampai diskusi panel, sejumlah investor, akademisi sampai komunitas bisnis internasional menunjukkan ketertarikannya atas pembangunan IKN, terutama yang terkait dengan pembangunan dengan pendekatan ekonomi hijau.