Relawan Perubahan Tegaskan Tolak Politik Uang di Pemilu 2024

MUS • Monday, 16 Jan 2023 - 15:26 WIB

Jakarta - Antisipasi maraknya politik uang jelang pemilu serentak 2024 menjadi salah satu fokus Relawan Perubahan. Koordinator Nasional Relawan Perubahan, Kamaludin Enuh mengungkapkan, dengan motif yang beragam, politik uang merupakan hal berulang yang harus diantisipasi. Karenanya, ia mengingatkan kepada seluruh Relawan Perubahan untuk berfokus pada penguatan visi dan misi Anies Baswedan di pemilu 2024 nanti.

“Kita mengantisipasi soal isu politik uang ya, ini isu penting dan mendasar sebenarnya. Karena terus berulang di setiap pemilu, isu uang-uang yang beredar ini bentuknya juga sudah bermacam-macam bisa bantuan, sumbangan, sampai yang paling klasik seperti serangan fajar menjelang hari pencoblosan. Ini kita tegaskan kepada seluruh tim relawan perubahan, karena fokus kita adalah tentang kinerja, gagasan dan program yang akan dibawa oleh mas Anies nantinya,” tandas Kamaludin.

Ia menambahkan, fenomena berulang ini akan berbahaya bagi demokrasi. Sebab, tidak semua masyarakat bisa menolak politik uang, terlebih bagi masyarakat di pedesaan yang belum melek terhadap politik. Untuk itu, Kamaludin berharap, selain kontrol dari penyelenggara pemilu (Bawaslu), masyarakat dan media bisa ikut berperan sebagai pengawas.

“Kalau yang di perkotaan masih mungkin masih bisa menghiraukan. Tapi di pedesaan kerap termakan begitu saja, lalu diterima dan ini yang berbahaya. Sekarang ini kan sosial media sudah modern sekali, keterbukaan informasi dimana-mana. Selain fungsi kontrol penyelenggara pemilu dan media, kami amat berharap masyarakat juga ikut andil sebagai pengontrol kejujuran,” ujarnya.