Bentrok Pekerja Asing Vs Lokal di Morowali Utara, 2 Orang Tewas

MUS • Sunday, 15 Jan 2023 - 21:41 WIB

Morowali - Berawal dari mogok kerja menuntut haknya, para pekerja lokal dan asing di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, saling serang pada Sabtu 14 Januari malam.

Dari bentrokan itu dua orang meninggal dunia. Satu warga negara asing (WNA) dan satu warga lokal yang bekerja di PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI).

Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Rudi Sufariadi mengatakan, saat ini situasi PT GNI mulai kondusif.

Seluruh karyawan asing telah diamankan dan karyawan lokal sudah diberikan arahan untuk tidak melakukan tindakan yang melawan hukum.

Kini, seluruh personel keamanan telah disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Warga yang meninggal dunia adalah satu WNA yang belum diketahui identitasnya dan satu karyawan lokal yang juga belum diketahui identitasnya.

Dalam aksinya, karyawan lokal mengeluarkan tuntutan, pertama, perusahaan wajib menerapkan prosedur K3 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedua, menuntut perusahaan wajib memberikan APD lengkap kepada pekerja sesuai standarisasi jenis pekerjaannya atau resiko kerja yang ada dilokasi kerja tersebut.

Ketiga, menuntut perusahaan segera membuat peraturan perusahaan. Keempat, stop pemotongan upah yang sifatnya tidak jelas. Lima, stop PKWT untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

Saat ini, 69 diduga provokator diamankan pihak kepolisian. Untuk aktivitas di Lokasi PT GNI untuk sementara dihentikan sekaligus polisi mengidentifikasi keributan.