Mensos Risma Penasaran, Cari Penyebab Disabilitas di Sendang Tulungagung

MUS • Saturday, 14 Jan 2023 - 18:12 WIB

Surabaya - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan perhatian khusus terhada warga yang tinggal di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.  Banyaknya warga yang menyandang disabilitas membuat Mensos Risma bergerak langsung menuju kecamatan yang berada di kaki Gunung Wilis.

"Saya mendapatkan informasi ini dari Bu Yayuk ( Sri Rahayu Komisi V DPR - RI).  Bahwa di wilayah ini banyak warga yang membutuhkan bantuan karena menyandang disabilitas, " ungkap Risma disela penyerahan bantuan di Desa Krosok.

Kecamatan Sendang di Kabupaten Tulungagung mempunyai 11 desa. Hampir semua desa memiliki warga yang menyandang disabilitas. Mensos  Risma merasa prihatin dan berupaya untuk mengetahui penyebabnya. Menurut Mensos Risma kondisi ini bisa terjadi karena lingkungan alam yang tercemar atau karena kehidupan yang mendorong warga melakukan pernikahan dini.

"Saya pikir kondisi ini harus dicari penyebabnya kenapa di wilayah ini banyak disabilitas. Bisa jadi karena air yang mungkin tercemar seperti mercury atau apa. Karenanya saya akan mengambil contoh air untuk diteliti. Bisa juga karena pernikahan dini," lanjut Risma. 

Risma juga sempat memompa semangat penyandang disabilitas untuk tetap semangat.  Menurut Mensos Risma disabilitas bukan hambatan untuk bisa maju dan berprestasi.  Menurut Risma banyak contoh yang bisa dilihat untuk menginspirasi. 

"Jangan patah semangat. Saya pernah selama 1 th menggunakan kursi roda tapi tetap bisa bekerja sebagai walikota. Demikian juga dengan staff khusus pak presiden mba Anggi yang juga disabilitas. Ayo tetap semangat ya. Nanti saya juga akan membantu," lanjut Mensos Risma. 

Dalam kesempatan tersebut Mensos Risma juga menyalurkan bantuan seperti kursi roda adaptif,  juga bantuan mesin dan alat produksi untuk disabilitas yang mempunyai usaha rumahan, juga motor roda 3. Bahkan juga sapi, karena ada disabilitas yang perprofesi sebagai peternak. 

"Semoga bantuan ini bermanfaat. Jangan patah semangat. Nah untuk bantuan sapi agak bersabar ya bapak dan ibu. Karena saya harus memastikan dulu bebas PMK," pungkas Risma. (Her)