Dirut Transjakarta Dicopot Pj Gubernur DKI. Ini Penggantinya

FAZ • Wednesday, 11 Jan 2023 - 18:37 WIB

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengganti Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, M Yana Aditya, Rabu (11/1/2023). Heru kemudian menunjuk M Kuncoro Wibowo sebagai gantinya.

Plt Kepala BP BUMD DKI, Fitria Rahadiani mengatakan pergantian Dirut di tubuh Transjakarta merupakan bagian dari strategi Para Pemegang Saham (PPS) untuk penyegaran.

"Penggantian Direktur Utama PT Transportasi Jakarta merupakan bagian dari upaya dan strategi yang dilakukan para pemegang saham untuk melakukan penyegaran dalam jajaran pengurus PT Transportasi Jakarta," kata Fitria, Rabu (11/1/2023).

Fitria menambahkan pergantian Dirut Transjakarta telah sesuai prosedur melalui Keputusan Para Pemegang Saham (KPPS) di luar RUPS.

"Pergantian Dirut sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan, melalui Keputusan Para Pemegang Saham di luar RUPS yang ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2022," ujarnya.

Kemudian, Fitria menyebut sosok M Kuncoro Wibowo memiliki segudang pengalaman dalam transformasi perusahaan, salah satunya di PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"M Kuncoro Wibowo diharapkan mampu mewujudkan PT Transportasi Jakarta menjadi katalis integrasi dan menguatkan sistem
internal untuk keamanan, kenyamanan, dan keselamatan transportasi publik," tuturnya.