FILM Plane: Terbang Menegangkan bersama Pilot Andal

MUS • Tuesday, 10 Jan 2023 - 12:22 WIB

Genre: Action
Sutradara: Jean-François Richet 
Pemeran: Gerard Butler, Mike Colter
Durasi: 1 jam 47 menit
Mulai tayang eksklusif di Cinema XXI: 11 Januari 2022

Terbang pada malam tahun baru, dari Singapura menuju Tokyo, maskapai Trailblazer melewati badai di Laut Cina Selatan. Kapten Brodie Torrance (Gerard Butler) diarahkan untuk terbang lebih tinggi, untuk menghindar cuaca buruk. 

Dengan ekspresi tak yakin, Kapten Brodie berusaha profesional menjalankan tugasnya. Mengantarkan hanya belasan penumpangnya, dengan penerbangan senyaman mungkin. Namun, arahan terbang tinggi melewati badai, justru membawa bencana. 

Pesawat mengalami berbagai kerusakan akibat petir yang menyambar. Dengan adegan penuh ketegangan cenderung mengerikan, penumpang terguncang dan tentu menimbulkan kepanikan. Untungnya, dengan perhitungan tepat dan pengalaman sebagai pilot senior, Brodie berhasil mendarat darurat. 

Selesai sampai di sana? Tidak juga. Lokasi pendaratan darurat ternyata dikuasai kelompok separatis. Berada di pulau terpencil, tanpa sinyal, dan alat-alat komunikasi, hal menegangkan lainnya siap mengancam Kapten Brodie dan belasan penumpang dan sejumlah krunya.

Kekerasan bersenjata dari milisi pemberontak, siap menghadang upaya penyelamatan. Berharap alat-alat negara, seperti militer dan SAR bertindak cepat, juga agak sulit karena kondisi tempat kejadian dihindari pemerintah lokal, karena merupakan area konflik. Kapten Brodie sekali lagi perlu mengambil keputusan penting. 

Dia dibantu salah satu penumpangnya, Louis Gaspare (Mike Colter), tawanan pembunuhan yang direncanakan diekstradisi oleh penegak hukum. Brodie dan Gaspare perlu bekerja sama dan saling percaya, demi satu tujuan: pulang dengan selamat. 

"Plane" memberikan hiburan seru yang sangat 'dekat' dengan kehidupan kita hari ini. Pertama, latar waktunya mengambil masa libur tahun baru. Kedua, tempatnya berada di pesawat yang tentu menjadi pilihan favorit. 

Ketiga, dan ini yang paling relevan. Latar tempatnya spesifik diceritakan sangat dekat dengan penonton di Indonesia, atau Asia Tenggara. Siap-siap menyimak para karakternya sempat menyebut Bali, dan Indonesia. 

Akibatnya, kita pun merasa dekat dengan laga "Plane", apalagi ketika diterbangkan pilot handal yang diperankan aktor jaminan keseruan, Gerard Butler. (*)