Universitas Telkom Gandeng Komunitas Mobil Mercy Gelar Community Development

MUS • Tuesday, 10 Jan 2023 - 10:15 WIB

Bandung - Universitas Telkom menggelar community development dengan melakukan kegiatan bersama komunitas otomotif club mobil Mercy, berupa workshop dan talkshow community relations dan media relation, di Bandung (8/1/2023)

“Kita perlu memberikan dukungan kepada masyarakat dengan melakukan community development berupa workshop, talkshow dan coaching kepada komunitas otomotif di Indonesia," ujar dosen Digital Public Relations Universitas Telkom, Razie Razak. 

Tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi, mendorong Universitas Telkom melaksanakan peran pengabdian kepada masyarakat secara rutin dan berkala. 

“Pelaksanaan community development merupakan bukti nyata kontribusi perguruan tinggi kepada pada masyarakat," tambah Razie Razak. 

Adapun Community Development yang dilakukan, berfokus pada community relation dan media relations. 

“Community Relations dilakukan dengan tiga tahapan yaitu membangun relasi, memelihara relasi dan mempertahankan relasi kepada komunitas," jelas Razie Razak.

Membangun relasi dengan mencari informasi pendukung mengenai kebutuhan dari komunitas. Selanjutnya, memelihara relasi dengan melakukan komunikasi simetris dengan komunitas. 

Pada akhirnya mempertahankan relasi dengan melakukan dialog untuk menuju perubahan yang berkontribusi pada masyarakat sekitar. 

“Kami dari komunitas Club Mercy merasa terbantu dengan adanya community development yang dilakukan Universitas Telkom," ujar Sani Afdhaluddin, Ketua Umum Brothers Benz Indonesia. 

“Dengan adanya kegiatan ini, kami mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana melakukan kegiatan yang dibutuhkan masyarakat seperti kegiatan sosial," ungkap Sani. 

Pada kegiatan club otomotif yang berkaitan dengan sosial ekonomi dan budaya, perlu dipublikasikan dampaknya kepada masyarakat. 

“Komunitas memerlukan media relations untuk dapat mempublikasikan kegiatannya kepada publik," ujar Amalia Djuwita, Dosen Universitas Telkom. 

“Dengan adanya publikasi kegiatan kepada publik akan memberikan citra positif terhadap komunitas club otomotif," pungkas Amalia Djuwita.