Table Manner Undira Usung Tema Nusantara

ANP • Sunday, 8 Jan 2023 - 14:59 WIB

JAKARTA - Universitas Dian Nusantara kembali melaksanakan program mata kuliah profesional image yaitu Table Manner yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 07 Januari 2023 di Hotel Mercure Batavia, Jl. Kali Besar Barat No.44 46, RW.3, Roa Malaka, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat.

Kegiatan table manner diikuti oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Jurusan Public relation dengan jumlah peserta 105 mahasiswa/i, para pimpinan Dian Nusantara yaitu Rektor, Kaprodi dan dosen pengampu mata kuliah Profesional Image serta turut mengundang tamu para pakar yang ahli dalam bidangnya. Tagline Table Manner tahun ini adalah #Lights your manner for best communication dengan mengusung tema Nusantara.

Lights your manner for best communication tidak hanya sebuah rangkaian kata namun juga akan melekat dan akan di implementasi kan dalam kehidupan sehari-hari dalam bersosialisasi.

Acara Table manner di gelar dengan konsep Nusantara, dalam acara ini disuguhkan berbagai pertunjukan yang berkonsep Nusantara, Bukan tanpa alasan kami memilih konsep Nusantara.

Nusantara merupakan gugusan pulau-pulau besar dan kecil yang di apit oleh dua samudera dan dua benua yang memiliki kebudayaan yang beraneka ragam termasuk Bahasa dan cara berkomunikasi yang juga beragam sama halnya dengan kami mahasiswa dan mahasiswi Universitas Dian Nusantara yang berasal dari dari berbagai penjuru nusantara di negara kita tercinta ini Indonesia.

Selain itu Konsep Nusantara ini terinspirasi dari nama Universitas kebanggaan, Universitas Dian Nusantara. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan table manner ini ialah untuk mengedukasi mahasiswa/i dalam menjaga sopan santun di meja makan, mengikuti instruksi standar secara universal serta bagaimana penggunaan peralatan makan yang tepat.

Table Manner ini berfungsi pula sebagai pelatihan pengembangkan karakter dan kepribadian setiap individu dalam ranah bersosialisasi dan berkomunikasi di kehidupan yang sesungguhnya diluar lingkungan kampus terutama dalam pertemuan-pertemuan bisnis di dalam dunia kerja.

Selain praktik Table Manner turut hadir pula motivator Dr. Andi Taletting yang  memberikan materi Profesional Image dan motivasi sehingga para peserta terbentuk manner yang baik secara luar dan dalam.

Kemudian para mahasiswa/i juga diajarkan bagaimana cara grooming yang benar agar selalu tampil menarik sehingga akan mencerminkan profesionalisme saat bertemu dengan kolega.

Selanjutnya dilaksanakan acara utama yaitu pelatihan table manner yang diikuti oleh seluruh peserta pelatihan. Dalam pelatihan ini peserta dijelaskan tentang berbagai jenis peralatan makan dan penggunaanya, tata cara makan dan minum, dan etika ketika makan dan minum dan mempraktikannya secara langsung.pelatihan ini dibimbing langsung oleh trainer dari pihak hotel.Penjelasan materi Table Manner yang disampaikan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dan trainer, kemudian peragaan busana Nusantara yang dibawakan oleh para model dari mahasisiwi Universitas Dian Nusantara memakai kain tenun ikat Jepara dengan motif dari berbagai daerah di Indonesia kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tari Nusantara Modern. Setelah itu acara dilanjutkan grooming dan beauty education.