M3GAN Mainan Robot Manusia Pembunuh

MUS • Friday, 6 Jan 2023 - 07:53 WIB

Sutradara: Gerard Johnstone (Housebound)
Pemeran: Allison Williams (Get Out), Ronny Chieng (Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings)
Durasi: 1 jam 42 menit
Distributor: UIP Movies Indonesia
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 6 Januari 2023

M3GAN dibuka dengan adegan iklan mainan lucu, yang sungguh berbeda dengan tampilan mengerikan pada umumnya. Mainan yang bisa berinteraksi dengan manusia, menjadi kegemaran seorang anak perempuan, Cady. Dia mendapatkannya dari sang tante, Gemma, karyawan di perusahaan mainan yang sama. 

Malang tak dapat ditolak. Cady bersama orangtuanya mengalami kecelakaan di pegunungan salju. Ayah ibunya tewas, Cady selamat dan harus diasuh Gemma. Mengalami musibah besar, traumatik, dan menyedihkan, bukanlah peristiwa yang mudah dilalui anak seusia 8 tahun seperti Cady. 

Begitu juga bagi Gemma. Dia tiba-tiba harus mengasuh keponakannya yang yatim piatu. Padahal, dia sendiri tidak yakin, tidak siap, dan tidak berencana menjadi orang tua. Gemma sedang giat berkarier, terutama karena bosnya ingin produk baru yang murah dan tidak dapat ditiru pesaing. 

Diceritakan sebagai ahli robotik, Gemma sebenarnya sedang membangun prototipe Model 3 Generative Android – M3GAN. Tetapi bosnya harus diyakinkan, untuk tetap menyelesaikan untuk menjual M3GAN, dengan dana dan kerumitan yang tidak sedikit. 

Saat M3GAN harus disingkirkan dari prioritas pekerjaan, Gemma justru melihat kemampuan M3GAN untuk memberi solusi atas masalahnya bersama keponakan, Cady. Kerap murung dan emosional, Gemma ingin Cady terhibur dan terlebih lagi, bisa ditinggal sendiri agar Gemma bisa fokus pada pekerjaan. 

Gemma menyelesaikan M3GAN untuk kepentingan pribadinya, membantu pemulihan hati, dan pembelajaran bagi Cady yang besekolah di rumah. Segalanya terasa tepat karena Cady bisa terlihat gembira untuk pertama kali, setelah kehilangan orang tuanya. Sedangkan Gemma bisa fokus dengan pekerjaan tanpa direpotkan menemani, mengasuh, dan menasehati Cady terus menerus. 

Masalahnya, M3GAN menjadi semakin pintar. M3GAN diprogram dengan prinsip melindungi, terkoneksi dengan Cady, sayangnya secara harafiah dan tak terkendali. M3GAN terprogram kian mandiri bahkan mampu meningkatkan kemampuan, termasuk sisi-sisi jahat tanpa ampun. 

Cady sebagai makhluk sosial yang sebenarnya biasa menghadapi pengalaman seperti bullying, omelan orang lebih tua, sampai kejaran anjing, dianggap M3GAN sebagai ancaman besar yang harus dihentikan dengan berbagai cara.

Aktris utama pemeran Gemma, Alison Willams, yang juga bertindak sebagai eksekutif produser, menyatakan ketertarikannya pada karya ini, yang mengungkapkan persimpangan antara teknologi dan manusia. “Saat kita mengganti umat manusia dengan semacam teknologi atau versi manusia yang ditiru, di situlah elemen luar biasa mulai masuk. Film ini adalah meditasi tentang apa sebenarnya, yang bisa disediakan manusia untuk sesamanya," kata Williams, yang pernah tampil di "Get Out". 

Yang pasti, M3GAN adalah hiburan awal tahun khusus untuk penonton dewasa 17 tahun ke atas. Menyebut M3GAN sebagai horor juga terasa kurang pas meski hadir atas keterlibatan Jason Blum dari Blumhouse dan James Wan, pendiri Atomic Monster. Keduanya telah lama menjadi ikon jaminan horor modern yang paling produktif.

Sineas James Wan mengibaratkan sebagai boneka pembunuh seperti Annabelle, dengan kombinasi The Terminator. Bukannya mengangkat kejadian superantural, yang apa-apa terkait roh, Wan menyebut M3GAN sebagai pengembangan teknologi yang menjadi sebuah kesalahan.

“Ilmu pengetahuan dan A.I. adalah aspek-aspek menarik untuk dimainkan, karena sangat relevan dengan dunia saat ini. Kami sangat mengandalkan teknologi dalam segala hal yang kami lakukan. Jika perangkat ini berbalik dan menyerang kita, akan sangat mengerikan. Itulah hal yang ingin kami coba dan rekam dengan M3GAN,” ungkap Wan. 

M3GAN adalah kolaborasi kedua Blum dan Wan setelah franchise Insidious. Jadi, di luar penggemar keduanya, maupun penyuka ketegangan menakutkan, M3GAN bisa menjadi pilihan lebih pas dalam menikmati karya khas Blum dan Wan, terlebih di bioskop. 

Meski posternya menonjolkan sosok boneka mirip manusia dengan tatapan misterius, mengingatkan Annabelle tetapi dengan tampilan jauh lebih manis, M3GAN menampilkan elemen kengeriannya lewat adegan kekerasan cenderung sadis. (*)