Saham Emiten Batu Bara Kembali Anjlok, Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Saham?

MUS • Thursday, 5 Jan 2023 - 16:42 WIB

Jakarta - Sebelumnya sejumlah pihak memperkirakan kejatuhan harga saham batu bara ditengarai atas keinginan Tiongkok untuk membuka kembali keran impor batu bara asal Australia setelah dua tahun dibekukan. 

Pada Kamis, 5 Januari 2023 per Harga saham emiten batu bara menurun sampai 2,7% yang memicu penurunan tajam indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Lantas kapan waktu yang tepat untuk membeli saham?

Pandu Patria Sjahrir selaku Direktur PT TBS Energi Utama pada program The Leader MNC Trijaya "Pencapaian 2022, Optimisme 2023" mengatakan, hanya ada dua dalam investasi saham, yaitu fundamental dan harapan

“Kebanyakan orang membeli dimana fundamental kelihatan baik, tapi banyak semangat kepada satu saham jadi hopefull. Sebenarnya paling bagus beli saham itu dimana fundamentalnya membaik tapi lagi hopeless, jadi harga murah. Tapi nanti kalau fundamental membaik terus ceritanya berubah, disitu anda akan bikin cuan,” ucap Pandu pada Kamis (05/01/23). 

Pandu Patria juga menambahkan, fundamenal perusahaan tidak banyak perubahan yang menyebabkan panick selling, melainkan sentimen pasar yang mempengaruhi perusahaan terkoreksi seperti berita terbaru atas produksi batu bara China dengan Australia yang sebenarnya Indonesia tidak perlu khawatir karena Indonesia tetap menjadi eksport batu bara terbesar di dunia. (NPDH)