Capaian Lifting Blok Corridor Lampaui Target APBN 2022

MUS • Sunday, 1 Jan 2023 - 22:03 WIB

Musi Banyuasin - SKK Migas mengapresiasi Blok Corridor dibawah kelolaan Medco E&P Grissik Ltd. (Medco E&P) sepanjang 2022.

Blok Corridor merupakan penyumbang nomor dua terbesar dalam capaian lifting gas secara nasional. Oleh karena itu, kinerja Blok Corridor akan sangat mempengaruhi kemampuan neraca gas secara nasional. 

Dalam kegiatan lifting akhir tahun, SKK Migas mencatat per tanggal 31 Desember 2022, lifting gas Blok Corridor berada di angka >770 MMSCFD (Million Standard Cubic Meters per Day), 107 % di atas target APBN 2022 sebesar 725 MMSCFD. Sedangkan lifting minyak sebesar >6,200 BOPD (Barrel Oil per Day). 

BACA JUGA: Awali Tahun 2023, PHR Tajak Sumur Perdana WK Rokan

Manajemen SKK Migas melakukan kunjungan kerja dan pengawasan lifting migas di Blok Corridor, untuk memastikan kegiatan lifting berjalan lancar, serta mendiskusikan langkah-langkah untuk mengakselerasi program work, program & budget (WP&B) 2023. 

Dalam kunjungan tersebut Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Chairi menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja yang telah melampaui target APBN 2022. 

Peralihan Blok Corridor yang saat ini dikelola sepenuhnya oleh perusahaan nasional menunjukkan kemampuan anak bangsa dalam mengelola kekayaan alam dalam hal ini minyak dan gas dengan sangat baik.

“Di tengah harga gas dunia yang tinggi, tentu saja pencapaian lifting gas di Blok Corridor tidak hanya memperkuat neraca gas secara nasional, namun juga memberikan penerimaan negara untuk membangun negeri ini, serta tentu saja kepercayaan yang lebih kuat kepada anak bangsa dalam mengelola industri hulu migas nasional," ujar Kurnia.

Dia menambahkan, kinerja yang baik tersebut sebagai hasil kerja keras dan dedikasi tinggi dari seluruh jajaran Medco E&P dalam melaksanakan program-program kerja 2022 dengan sangat baik. 

Lebih lanjut, Kurnia menyampaikan bahwa infrastruktur minyak dan gas bumi di Sumatra Selatan sangat baik dan terintegrasi dengan pembeli. 

"Mengingat peran gas yang semakin kuat di era transisi energi, serta potensi gas di Sumatra yang masih menjanjikan, kami berharap Medco E&P dapat terus meningkatkan produksinya di masa mendatang untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan dan mendukung peranan migas sebagai sumber penerimaan negara," harapnya. 

Untuk tahun depan, Kurnia meminta Medco E&P melaksanakan program 2023 dengan baik dan terus melakukan koordinasi yang intensif dengan SKK Migas guna mencapai target APBN 2023 dan berkontribusi bagi pencapaian jangka panjang peningkatan produksi migas nasional tahun 2030, yaitu produksi minyak 1 juta barel perhari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik perhari (BSCFD). 

VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan, Blok Corridor selalu mengutamakan keselamatan pekerja dan terus menjaga kehandalan operasi, 

“Kami berharap di tahun 2023, sinergi Medco E&P bersama SKK Migas dapat memberikan kinerja terbaik dalam pengelolaan dan pengembangan blok Corridor," ujar Arif Rinaldi.

Tentu saja, dukungan pemerintah pusat dan daerah menjadi modal yang tak kalah penting bagi pencapaian lifting 2023.

"Sebagaimana upaya yang dilakukan di tahun 2022 ini tentunya tak luput dari dukungan Pemerintah, baik Pusat atau Daerah, demikian pula kelancaran operasi juga dapat terjaga kehandalannya karena kerjasama yang baik dari TNI/Polri juga peran dari masyarakat sekitar wilayah kerja, karena itu keberhasilan hulu migas merupakan keberhasilan kita semua dalam menjaga ketahanan energi," tutup Kurnia.