Ganjar Minta Bantuan BMKG Rekayasa Cuaca di Pantura

MUS • Saturday, 31 Dec 2022 - 21:25 WIB

Semarang - Wilayah pantura dilanda cuaca ekstrem sejak Jumat (30/12) malam hingga Sabtu (31/12) siang. Akibatnya sejumlah wilayah di Jawa Tengah terkena banjir, antara lain Kota Semarang, Jepara, Pati, Kudus, Pekalongan, Batang hingga Pemalang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sejak pagi meninjau titik banjir, telah berkomunikasi dengan Badan Meteorologi, Klimatolog dan Geofisika untuk membantu rekayasa cuaca.

“Kita coba minta agar dilakukan rekayasa cuaca, diintervensi, kemarin kita sudah sampaikan kondisi kedaruratan ini,” ujar Ganjar seusai meninjau Stasiun Tawang.

Dari komunikasinya dengan BMKG itu, Ganjar mendapat informasi tambahan bahwa cuaca seperti ini akan berlangsung hingga Selasa (3/1/2023) mendatang.

“Maka untuk masyarakat berhati-hati, nanti malam tahun baru melihat cuacanya, tidak bagus, hujan deras tidak usah keluar,” tegasnya.

Sementara dari pantauannya di Kota Semarang pada sore hari, banjir berangsur surut. Seperti di Simpang Lima dan sejumlah jalan protokol Semarang. “Tadi sampai sore lewat lumayan banyak yang kering,” katanya.

Selain memantau banjir di Kota Semarang, Ganjar juga terus mengimbau seluruh kepala daerah di wilayah lainnya untuk siaga. (Den)