Pemprov Jatim dan PLN Pastikan Elektrifikasi Capai 100 Persen

MUS • Friday, 30 Dec 2022 - 13:30 WIB

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan bantuan Instalasi Rumah Sambungan Rumah (IRSR) dan menyerahkan token listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah di Tugu Park, Desa Tugu, Kecamatan Sendang, Kab. Tulungagung.

Khofifah mengatakan, peresmian IRSR dan penyerahan token listrik gratis ini menjadi komitmen dari upaya mewujudkan Light for All (Listrik untuk Semua) 2024 di Jatim. Sekaligus upaya percepatan rasio elektrifikasi hingga 100 persen di wilayah Jawa Timur. 

“Rasio elektrifikasi Jatim sendiri sudah mencapai 99,39 persen. Namun secara agregat sebenarnya sudah mencapai 100 persen. Sebetulnya Light for All  2023 sangat mungkin bisa dijangkau, tapi untuk kepulauan-kepulauan ini yang masih harus kita sisir ulang. Insya Allah dengan komitmen dan tekad kita bersama, Light for All 2024 bisa kita wujudkan,” katanya.

Terkait pemberian token listrik gratis bagi masyarakat, Khofifah mengatakan bahwa bantuan token listrik menjadi bagian penting. Hal ini karena ini merupakan program perlindungan sosial untuk mengurangi dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM. Sekaligus mendukung Program Terangi Rumahku.

“Jadi kita melakukan ini sampai dengan akhir 2023. Harapannya adalah masyarakat bisa tenang menikmati listrik, tidak ada kekhawatiran petugas datang mencabut sambungannya. Akhirnya kita bersepakat salah satu program yang diberikan oleh Pemprov adalah bantuan token listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu. Tentunya supaya masing-masing rumah, penghuninya merasa aman dan tenang,” katanya.

Menurutnya, upaya percepatan elektrifikasi di beberapa wilayah kepulauan terutama di Madura terus dilakukan. Hal ini bekerjasama dengan PT. PLN (Persero). Pemprov Jatim bersama PT. PLN (Persero) terus bersinergi untuk mewujudkan ketersediaan dan pemerataan akses infrastruktur listrik sampai ke pelosok desa - desa 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal). 

Sedangkan bantuan token listrik senilai Rp 300 ribu tahun ini dialokasikan untuk 19.501 KK yang masuk dalam kategori rentan miskin atau berpenghasilan rendah, dengan daya listrik antara 450 VA - 900 VA.

Sebelumnya, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan Pada Tahun 2022 Kabupaten Tulungagung menerima Bantuan Sosial Instalasi Rumah Sambungan Rumah (IR/SR) dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 249 KK yang tersebar di Kecamatan Sendang. 

“Kemudian Bantuan Sosial Token Listrik Gratis senilai  Rp. 300.000,- dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 305 KK yang tersebar di Kecamatan Kauman,” katanya.

GM PT. PLN IUD Jatim, Lasiran mengatakan bahwa secara umum rasio elektrifikasi Jatim sudah 99,39 persen, namun secara agregat sudah mencapai 100 persen. Beberapa daerah rasio elektrifikasinya masih rendah yakni Pamekasan, Madura yang sebagian besar merupakan pulau terpencil.

“Kami coba petakan secara ifrastruktur ada sekitar 43 pulau di daerah Madura yakni di Pamekasan yanh saat ini masih ada 19 pulau yang belum teraliri listrik oleh PLN. Rencana nanti semoga di 2023 insyaAllah seluruh pulau di Pamekasan sudah menikmati listrik,” katanya.

“Mohon dukungannya karena daerahnya cukup terisolir sehingga pembangunannya perlu perhatian. Kami juga terus menyisir dan mencari kembali pelanggan yang belum tersambung jadi mohon bantuan informasikan kepada kami,” imbuhnya. (Her)