PPI Group Gelar Townhall Meeting Akhir Tahun, "Energizing PPI for The Future"

MUS • Friday, 30 Dec 2022 - 10:25 WIB

Jakarta - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) member of ID Food, menggelar Townhall Meeting akhir tahun dengan tema "Energizing PPI For the Future", di Atrium Graha PPI, Jakarta (29/11/2022). 

Townhall Meeting ini adalah upaya menjalin komunikasi internal perusahaan dengan menghadirkan key note speaker Ridwan M. Yusuf dan diskusi panel bersama jajaran direksi mengenai key business dan matric update PPI 2023 sebagai upaya mengawal langkah transformasi perusahaan. 

Kegiatan ini dihadiri oleh dewan Komisaris dan jajaran Direksi PT PPI, Direksi anak perusahaan, serta seluruh karyawan yang hadir secara fisik dan daring.

Pembicara expert Ridwan M. Yusuf merupakan instruktur, coach, culture consultant & transformation, motivator, sekaligus penulis buku yang telah berpengalaman di berbagai perusahaan atau instansi untuk memberikan arahan-arahan dan motivasi dalam membentuk culture transformation dan change management.

Dalam paparannya, Ridwan menekankan pentingnya bekerja dengan hati untuk mendapatkan hasil kerja terbaik. 

“Be careful of your brain. Jadikan hati sebagai sumber pikir yang paling canggih,” pesan Ridwan dalam paparannya.

Dalam menjalankan proses transformasi dan change management, PPI menjadikan heart dan culture sebagai strategi model transformasi guna mendorong performance perusahaan melalui penetapan tujuan yang tepat.

Kegiatan ini merupakan momentum sebagai dukungan manajemen PPI untuk memantapkan keyakinan bersama-sama insan PPI Group, dalam membangun keyakinan untuk terus memberikan energi perubahan yang lebih baik, energi yang terus membentuk agent-agent yang unggul untuk mendorong kinerja optimal perusahaan.

Townhall Meeting ini juga menjadi momentum untuk perkenalan Komisaris Utama PPI yang baru, Bara Krishna Hasibuan. 

"Saya senang sekali bisa bergabung dengan PT PPI, sebuah perusahaan dengan sejarah panjang yang diawali dari VOC dan merupakan perusahaan perdagangan tertua di Indonesia. Saya ingin aktif, bekerja sama dengan seluruh direksi dan karyawan perusahaan, dengan memberikan added value terhadap kinerja dari PPI. Saya berharap kehadiran saya dapat menjadi kekuatan untuk membantu PPI, dan PPI bisa merasakan manfaat atas kehadiran saya. Saya menanti kerja sama yang baik dengan seluruh insan PPI," ujar Bara.

Dalam diskusi panel jajaran direksi, Direktur Utama PPI, Nina Sulistyowati, menyampaikan apresiasi atas kinerja perusahaan sepanjang tahun 2022.

"Sebuah kebahagiaan bagi kita untuk dapat berkumpul hari ini, merefleksikan yang sudah kita lakukan sepanjang tahun 2022. Tahun ini merupakan tahun perjuangan setelah penggabungan PPI dan BGR menyatu dalam Holding Pangan. Hal ini menjadi challange bagi kita dalam memberikan kinerja terbaik untuk mencapai rapor hijau. RKAP 2022 menjadi tahun pertama bagi kita untuk mewujudkan business plan tersebut," ucap Nina.

Tahun 2022 menjadi sebuah refleksi bagi PPI atas transformasi bisnis dan budaya melalui berbagai kepercayaan yang diperoleh, mulai dari kepercayaan untuk menjadi PMO Kopi Nusantara, dengan meluncurkan ekspor perdana ke Mesir.

Selanjutnya, BUMN Holding Pangan (ID Food) dipercaya untuk turut serta dalam menangani kelangkaan minyak goreng dalam proses pendistribusian di seluruh Indonesia untuk mencapai ketersediaan dan kestabilan harga.

Selain itu, bentuk lain transformasi digital teknologi melalui go live aplikasi ppiaccess, dalam meningkatkan kapabilitas dan kompetensi insan PPI, yang didasari dengan proses internalisasi AKHLAK secara berkelanjutan.

Tidak hanya itu, PPI meraih penghargaan BUMN Terbaik dalam kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG), dan CEO terbaik dalam kategori CEO Support Service Excellent dalam BUMN Award.

Diberikan pula kemudian penghargaan oleh Pupuk Indonesia Holding Company sebagai distributor utama pupuk nonsubsidi terbaik, serta dipercaya PLN dalam pengelolaan Wasted Integrated Solution.

Tidak berhenti di situ, PPI juga meraih penghargaan The Best Digital Technology Project in Trading Industry; Penghargaan Warung Pangan melalui Marketing Omnibrands Award; The Best Governance Risk and Compliance dan The Best CEO of The Year dalam Governance Risk and Compliance Performance & Excellence Award serta penghargaan lainnya.

Selanjutnya, PPI melakukan program pembinaan cabang oleh BOD di seluruh cabang PPI. Perubahan-perubahan dinamika lingkungan bisnis lainnya yang terjadi di PPI, salah satunya melalui komoditas Bahan Kimia Berbahaya, dengan melakukan sosialisasi dengan stakeholders dan Kementerian Perdagangan atas perubahan peraturan.

PPI dalam perannya sebagai BUMN Holding Pangan terus melakukan ekspansi pasar induk dengan mempromosikan produk-produk hortikultura. PPI meningkatkan komoditas-komoditas yang berhubungan dengan pangan. PPI juga terus melakukan optimaliasai aset, atas hal tersebut PPI mendapat support langsung dari Kementerian ATR/BPN.

"Sampai dengan November 2022, PPI mengalami peningkatan sales dan pertumbuhan pendapatan secara signifikan dari tahun sebelumnya dengan kekuatan semaksimal mungkin. Mari kita berkerja dengan hati untuk mencapai hasil yang optimal untuk menyambut 2023," pungkas Nina.

Menyongsong tahun 2023, PPI akan melangkah dengan energi perubahan sebagai komitmen dalam semangat transformasi Insan PPI Group untuk menghadapi tren perkembangan teknologi informasi dalam melakukan akselerasi pelayanan dan proses bisnis yang lebih efisien, serta pengelolaan people, people dan people, yang merupakan kunci utama dalam keberhasilan proses transformasi dan change management.