Perbarindo Hadir Berbuat dan Berbagi Untuk Korban Bencana Cianjur

ANP • Wednesday, 28 Dec 2022 - 20:49 WIB

Cianjur – Perbarindo kembali menggelar acara penyerahan bantuan bagi masyarakat yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Penyerahan tahap kedua ini kembali dipimpin langsung oleh Ketua Umum Perbarindo (Tedy Alamsyah) yang didampingi oleh Gede Hartadi (Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan). Pada kesempatan ini juga hadir Bpk Dadi Sumarsana (Ketua DPD Perbarindo Jawa Tengah) beserta beberapa Pengurus intinya dan Bpk Andi Gunawan (Ketua DPD Perbarindo Jawa Barat) serta pengurus BPR yang berada di Kabupaten Cianjur. 

“Perbarindo bersyukur bisa terus berbuat dan berbagi masyarakat yang terdampak bencana, kegiatan ini terus kami lakukan bukan hanya disini tapi telah kami lakukan pada berbagai daerah lainnya. Semangat ini terus kami jaga dan pelihara, karena BPR – BPRS Hadir sebagai mitra bagi Masyarakat dan Pelaku UMKM.  Jelas Tedy Alamsyah.

Penyerahan bantuan ini merupakan tahap kedua yang disalurkan Perbarindo, sebelumnya telah dilakukan pada tanggal 6 Desember 2022. Tedy Alamsyah menyampaikan, “Tahap Kedua ini kami menyalurkan bantuan dari pelaku Industri BPR – BPRS di seluruh Indonesia dengan nilai bantuan mencapai Rp 250 Juta. Sungguh kami sangat Bahagia, bisa menjadi perantara bagi pelaku industri BPR – BPRS menyerahkan bantuan ini. Kami berharap semoga apa yang kami perbuat ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang terdampak dan meringankan dalam menghadapi cobaan ini”.

Bantuan yang diserahkan dipusatkan di Desa Cibulakan, adapun bantuannya yaitu Perlengkapan Sekolah (Seragam dan alat tulis), Laptop, Printer dan Jaket untuk Guru serta Siswa di SDN Cibulakan. Bantuan yang hampir sama juga diberikan kepada perangkat Desa Cibulakan yaitu  Jaket, Laptop dan Printer. Sedangkan untuk warga di desa tersebut, bantuannya berupa paket sembako, terpal tenda, tikar, sarung dan dana tunai untuk masjid. Selain itu, dalam kesempatan ini didserahkan pula modal kerja bagi pelaku UMKM, pedagang asongan dan warung klontongan yang berada di wilayah tersebut.

Menurut Ketua Umum DPP Perbarindo Tedy Alamsyah, kegiatan sosial semacam ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab sosial dari Perbarindo. Untuk itu pihaknya selalu bergerak sigap dalam setiap kesempatan baik itu dalam hal kebencanaan seperti saat ini. “Kami Perbarindo selalu berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat jika ada kebencanaan seperti ini,” ujar Tedy.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD Perbarindo Jawa Tengah menyampaikan. “kami selalu mendukung apa yang menjadi program kerja dari DPP Perbarindo, apalagi kegiatan sosial ini, kami sengaja datang langsung kesini memberikan semangat kepada masyarakat yang terdampak dan menyerahkan bantuan dari anggota kami di Jawa Tengah.” Ujar Dadi

Perbarindo sendiri merupakan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia. Sudah lebih dari 25 tahun Perbarindo berperan aktif dalam menunjang pertumbuhan industri BPR-BPRS di Indonesia. Saat ini, Perbarindo memiliki 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) di tingkat provinsi dan 48 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) di tingkat kabupaten dan kota dengan jumlah anggota sebanyak 1.558 BPR-BPRS yang  tersebar dari Aceh sampai dengan Papua.