Sejarah Baru, Seorang Dokter Pimpin Muhammadiyah Jawa Timur

MUS • Monday, 26 Dec 2022 - 10:25 WIB

Surabaya - Dr dr Sukadiono terpilih menjadi Ketua Pimpinan  Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur periode 2022-2027 dalam Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-16 di Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO). Dr dr Sukadiono merupakan dokter pertama memimpin PWM Jatim yang sebelumnya dijabat oleh KH Dr Saad Ibrahim.

Terpilihnya Suko sebagai Ketua PWM Jatim berdasarkan hasil e-voting dalam pemungutan suara dengan total suara terbanyak  946.

Laki-laki kelahiran Jombang, 18 Desember 1968 tersebut pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (1995), Ketua Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat PWM Jatim (2000-2005), Sekretaris Majelis Kesehatan PDM Kota Surabaya (2005) bahkan pernah menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit.

“Saya sampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya sebagai ketua PWM Jatim, semoga Allah selalu memberikan kemudahan mengemban amanah yang besar ini,”kata Suko 

Menurutnya mengemban amanah bukan perkara yang mudah, namun ia berkomitmen akan bekerjasama dengan seluruh pimpinan dari semua lini dan menjaga kepercayaan warga persyarikatan Muhammadiyah di Jawa Timur.

“Sesuai dengan tema Musywil ke-16 Membumikan Islam Berkemajuan, Memajukan Jawa Timur, semoga Muhammadiyah Jatim bisa membawa umat menjadi lebih cerdas, modern dan berkemajuan seperti halnya tema besar Musywil kali ini,”imbuh Suko.

Suko mengatakan, Muhammadiyah Jawa Timur memiliki jaringan, aset, sumber daya manusia dan amal usaha yang besar, tentunya hal tersebut menjadi modal penting untuk memajukan dan membawa Muhammadiyah Jatim ke peradaban yang lebih maju.

“Semoga ke depan Muhammadiyah Jawa Timur akan menjadi pelopor dalam hal-hal positif dalam membangun kehidupan bangsa dan negara,  Mencetak kader-kader militan yang bermanfaat untuk umat. Saya kira hal itu tidak mustahil selama kita mampu bekerjasama dengan baik,”ujarnya.

Sementara itu, Edi Utomo salah satu anggota Musywil menyebut, terpilihnya Suko sebagai ketua umum PWM Jatim merupakan sejarah baru di Muhammadiyah.

"Yang saya ketahui, ini kali pertama Muhammadiyah Jatim dipimpin oleh seorang dokter. Beliau dokter, akademisi dan ahli managerial," kata Edi

Sebagai peserta Musywil Edi menyebut acara yang digelar mulai dari Alun-alun hingga ke Expotorium berjalan lancar dan tenang.

“Meski dihadiri oleh ribuan masa dari seluruh penjuru Jatim situasinya tetap tertib, para panitia dan penggembira patuh terhadap arahan panitia dan pengamanan,” kata Edi.

Menurut Edi, sebagai warga persyarikatan Muhammadiyah ia memberikan simpati dan apresiasi terhadap seluruh pihak karena pembukaaan acara Musywil hingga akhir berlangsung damai dan tentunya hal ini merupakan hasil sinergi dari semua pihak. (Her)