SQUAD Penanggulangan Bencana Indonesia Gelar Internasional Volunteer Day 2022

ANP • Sunday, 25 Dec 2022 - 14:29 WIB

JAKARTA - Menyambut International Volunteer Day 2022, yang diperingati setiap tanggal 5 Desember, SQUAD Penanggulangan Bencana Indonesia (PBI) merayakan International Volunteer Day (IVD) atau Hari Relawan Internasional dengan tema “Kebersamaan Relawan Penanggulangan Bencana untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Menuju Indonesia Tangguh”.

Acara digelar selama 3 hari berturut-turut, sejak  Jumat - Minggu, 23, 24 & 25 Desember 2022 di Kempa 1 – Buperta, Cibubur, Jakarta Timur, diikuti 800 anggota SQUAD PBI dan dihadiri oleh Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi M.A.P dan Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo selaku Pembina SQUAD.

Selama tiga hari itu, acara diisi dengan Focus Group Discussion (FGD), sharing session, malam keakraban, kegiatan lapangan (simulasi kebencanaan), fun game, kompetisi ketangkasan relawan, workshop 5 cluster, penanggulangan bencana, dan volunteer fun camp.

Basarnas, BNPB, BPBD, Damkar, PMI adalah Mitra Nasional SQUAD PBI, tapi acara ini dilakukan mandiri atas inisiasi SQUAD PBI yang didukung oleh banyak lembaga/komunitas yang bersatu padu di dalamnya

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi M.A.P mengatakan, para relawan telah mengikrarkan diri untuk bersatu untuk berkolaborasi dalam penanggukangan bencana. 

"Ada sekitar 242 relawan yang tergabung. Mereka bertugas dalam 3 kluster, mulai dari  logistik hingga penanggulangan bencana," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum SQUAD PBI Subur Rojinawi mengatakan, Squad PBI  dibentuk berawal dari Relawan Penanggulangan Bencana yang terbentuk sejak momentum tsunami Aceh tahun 2004 dan resmi terbentuk pada 11 April 2017. Organisasi ini hadir dari berbagai Lembaga, dan Komunitas yang tergabung karena intensitas pertemuan dalam aktivitas kemanusiaan ketika merespon bencana. 

"Kami menjadi terbiasa untuk berkoordinasi dan saling bahu membahu dalam merespon ketika bencana terjadi, selalu bersinergi dalam hal kemanusiaan, dan berlomba-lomba dalam hal kebaikan," terangnya, saat menghadiri acara.

Saat ini, sambungnya, ada 241 lembaga dan komunitas yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Banten, Bandung, Sukabumi, Yogyakarta, Cilacap, Malang dan Bali tergabung dalam SQUAD PBI. 

"SQUAD PBI menjadi wadah, untuk bersinergi dankontribusi dalam penanggulangan bencana dan kemanusiaan," paparnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, dikatakan Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo selaku Pembina SQUAD , yakni meningkatkan profesionalisme relawan penanggulangan bencana melalui simulasi penanganan keadaan darurat dalam kebencanaan dan pengabdian sosial kepada lingkungan sekitar.

Selain itu, memperkuat pemahaman dan membangun kesadaran bersama terhadap pengurangan risiko bencana, dan penanggulangan bencana. Juga membangun dan mengembangkan jejaring antar Relawan Penanggulangan Bencana dalam aksi-aksi kemanusiaan.

Subur berharap, kegiatan kali dapat meningkatkan solidaritas dan kekompakan serta membangun hubungan yang lebih baik antar lembaga dalam Squad PBI.

Sementara itu, FN Soedirman dari Primas Rescue selaku Ketua Panitia mengatakan pada sambutannya, relawan seluruh Indonesia tanpa adanya perintah, tanpa mengharap upah, langsung berbondong-bondong hadir saat bencana datang. Pada peringatan Hari Relawan Internasional 2022 kali ini jumlah peserta yg hadir mencapai 800 orang yg berasal dari 158 organisasi dari total 241 lembaga / komunitas yang tergabung di SQUAD PBI. Kini relawan tidak hanya didominasi oleh pria, namun banyak relawan wanita memiliki semangat dan kemampuan untuk terjun langsung terlibat penanganan. 

“Dunia butuh orang-orang hebat yang berjiwa besar, orang-orang ikhlas dan memiliki motivasi bagaimana dengan kehadirannya bisa membuat perubahan yang lebih baik,” tandasnya.