Jelang Liburan Nataru Dispar Sleman Ajak Semua Komponen Siapkan Destinasi Wisata

MUS • Friday, 23 Dec 2022 - 10:31 WIB

Sleman – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berkomitmen melakukan “Gerakan Jumat Bersih” di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman secara kontinyu dan berkesinambungan.

Gerakan Jum’at Bersih ini diharapkan tidak hanya dilakukan oleh personil dan petugas lapangan Dinas Pariwisata saja, tetapi harapannya juga dilakukan oleh para pengelola dan para pelaku usaha jasa pariwisata serta warga masyarakat yang ada di berbagai destinasi wisata di wilayah Kabupaten Sleman. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, Kamis 22 Desember 2022 dikantornya Jl. Parasamya No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta menjelaskan, untuk mengoptimalkan komitmen tersebut sekaligus untuk menggemakan semangat dalam mengimplementasikan “Sapta Pesona” khususnya menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menerbitkan Surat Edaran No.556/1839 perihal kerja bakti di destinasi jelang Libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. Surat edaran tersebut ditujukan kepada kepada semua pengelola destinasi wisata dan pengelola desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Melalui surat edaran tersebut pihaknya menghimbau dan mengajak seluruh pengelola destinasi wisata baik yang dikelola oleh pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat untuk mengadakan kerja bakti serentak pada hari Jum’at 23 Desember 2023 dengan melibatkan seluruh pelaku wisata dan masyarakat setempat.

Selain itu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Wasita, SS, M.AP menjelaskan bahwa seluruh karyawan dan karyawati dan semua petugas lapangan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sejumlah 90 an personil akan dibagi habis diberbagai destinasi untuk melakukan kerja bakti masal pada hari Jum’at 23 Desember 2022 mulai jam 08.00 – selesai.

Berbagai lokasi kerja bakti masal Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman yaitu Bukit Klangon, Gerbang Retribusi Glagaharjo, Gerbang Retribusi Kepuharjo, Kawasan Tlogoputri Kaliurang, Kawasan Museum Bakalan, Kawasan Gardu Pandang Kaliurang, Kawasan Gerbang Retribusi Tanen, Kawasan Bunker Kaliadem  Kawasan Patung Udang Kaliurang, Kawasan Patung Monyet Kaliurang, Kawasan Gerbang Retribusi Ngipiksari, dan kawasan Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Ijo, Candi Kalasan dan Candi Banyunibo.

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga menugaskan sebagian personilnya untuk melaksanakan monitoring Pentas Seni Reguler dan monitoring destinasi dalam rangka libur nataru pada tanggal 24, 25, 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023 yaitu meliputi Kawasan Kaliurang (Tlogo Putri, Gardu Pandang, Suraloka Zoo, dan Merapi Park), Kawasan Kaliaden (Bukit Klangon, Teras Merapi, Kopi Merapi, dll), Tebing Breksi, Obelix Hill, Candi Ijo, Lava Bantal, Kawasan TNGM, Nawang Jagad, Tankaman, Turgo, The Lost World Castle, Batu Alien, Museum Sisa Hartaku, Lost Word Park, Stonehence, Studio Alam Gamplong, Wana Rahayu, Jogja Exotarium, Sindu Kusuma Edupark (SKE), Jogja Bay Waterpark, kawasan Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Ijo, Candi Kalasan dan Candi Banyunibo, dll. (Yof)